Penyebab Kaki Pecah dan Kering serta Cara Mengatasinya Secara Alami

Penyebab kaki pecah dan kering

Penyebab kaki pecah dan kering banyak pemicunya. Problem ini pun sering kali membuat kita merasa gatal sekaligus jengkel. Terlebih bagi wanita, kondisi kaki pecah juga akan membuat penampilan tidak menarik dan bisa membuat rasa percaya diri menurun.

Kaki pecah-pecah biasanya tak hanya menyerang bagian tumit, namun juga sekitar telapak kaki lainnya. Selain membuat tidak nyaman, tak jarang kondisi ini juga menimbulkan rasa nyeri.

Sejumlah kasus kaki pecah dan kering biasanya juga berhubungan dengan kurangnya perawatan yang dilakukan. Apalagi jika kita terlalu sering berjalan atau terbiasa berjalan tanpa alas kaki.

Kaki yang pecah-pecah serta kering tak jarang diikuti dengan penebalan kulit atau disebut kapalan. Ada juga yang disertai dengan pengelupasan kulit. Jika tidak ditangani dengan baik, kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya infeksi.

Berbagai Faktor Penyebab Kaki Pecah dan Kering

Kondisi kaki atau tumit yang mengalami pecah-pecah tak hanya dialami kaum wanita, namun tak sedikit juga terjadi pada pria. Nah, berikut ini berbagai faktor penyebabnya yang sebaiknya Anda tahu.

Berat Badan Berlebih

Berat badan yang berlebihan dan obesitas juga bisa menyebabkan kaki mendapat tekanan yang terlalu berat. Apalagi jika didukung dengan aktivitas berdiri yang terlalu lama akan membuat kaki mengalami pecah-pecah.

Infeksi Jamur dan Bakteri

Infeksi jamur dan bakteri juga bisa menjadi penyebabnya. Serangan kuman ini terjadi karena kaki yang lembab akibat terlalu lama menggunakan sepatu yang rapat. Jamur juga akan menyebabkan pengelupasan kulit kaki.

Akibat Dehidrasi Tubuh

Kurangnya tubuh terhadap kebutuhan cairan juga bisa menyebabkan terjadinya tumit kaki yang kering dan pecah-pecah. Rendahnya atau kurangnya minum air selain akan menyebabkan dehidrasi juga membuat kaki kering.

Sering Terendam Air Panas

Merendam kaki dalam air panas yang terlalu sering atau terlalu lama juga bisa menyebabkan kaki pecah dan kering. Air panas akan menyebabkan berkurangnya minyak alami tubuh sehingga membuat kaki bersisik dan mengelupas.

Berenang Terlalu Lama

Begitu juga jika berenang terlalu lama bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Hal ini karena air kolam renang yang umumnya menggunakan kaporit yang bisa menyebabkan kandungan minyak kulit terkikis.

Kekurangan Nutrisi

Penyebab kaki pecah dan kering juga bisa terjadi akibat kurangnya asupan nutrisi untuk tubuh. Vitamin dan mineral yang penting kulit banyak terdapat dalam sayuran. Kaki yang kering atau mengelupas juga merupakan tanda kurangnya asupan nutrisi.

Penggunaan Sabun yang Salah

Tak sedikit ibu-ibu rumah tangga yang mengalami kaki pecah akibat terlalu sering terendam air cucian saat mencuci baju. Hal ini karena kandungan sabun dari bahan kimia atau bahan lain yang buruk untuk kesehatan kulit.

Karena Penyakit

Sejumlah penyakit juga bisa menjadi penyebabnya. Seperti diabetes, dermatitis atopik, eksim, psoriasis, dan athlete’s foot. Terganggunya syaraf kaki ataupun metabolisme tubuh akan membuat kaki terkena dampaknya.

Cara Mengatasi Kaki Pecah dan Kering

Selain melakukan perawatan terhadap kaki sangat penting pula memperhatikan asupan nutrisi makanan. Hal ini akan membuat kulit dan syaraf kaki terjaga kesehatannya sehingga bisa mencegah pecah-pecah pada kaki.

Namun jika Anda mengalami kondisi tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Seperti dengan mengoleskan dengan odol, krim pelembab atau pelembab kulit lainnya.

Sedangkan cara mengatasi kaki yang pecah-pecah secara alami bisa dengan menggunakan minyak kelapa, minyak zaitun, madu, atau mentega. Anda juga bisa merendam kaki dalam air rebusan daun kelor atau air garam.

Itulah berbagai penyebab kaki pecah dan kering yang sebaiknya Anda tahu. Untuk cara mengatasi kaki pecah-pecah ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan, termasuk untuk perawatan agar kulit kaki selalu mulus. (R11/HR-Online)

The post Penyebab Kaki Pecah dan Kering serta Cara Mengatasinya Secara Alami appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/penyebab-kaki-pecah-dan-kering/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service