Pelaku Perjalanan Meningkat, Ciamis Jadi Zona Kuning

Ciamis Jadi Zona Kuning

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ciamis jadi zona kuning, setelah sebelumnya sempat berada di zona biru.

Dalam masa transisi penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), Kabupaten Ciamis justru turun level berdasarkan hasil evaluasi di tingkat Jawa Barat. Selain Ciamis, setidaknya ada 8 kabupaten/kota di Jawa Barat yang menjadi zona kuning.

Turunnya Ciamis jadi zona kuning, salah satunya karena pasien terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah hingga mencapai 17 kasus. Selain itu, Orang Pelaku Perjalanan (OPP) juga kembali meningkat.

“Turun ke level kuning, salah satunya karena kasus terkonfirmasi Covid-19 di Ciamis kembali bertambah. Saat ini yang positif 17 orang, 9 diantaranya sudah sembuh, PDP ada 85 orang, 75 sembuh, dan 10 orang masih dalam pengawasan,” kata Herdiat saat menyambut Ridwan Kamil bersama rombongan dalam acara touring Baksos Covid-19, Minggu (5/7/2020).

Menurut Herdiat, letak Kabupaten Ciamis yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah membuat Orang Pelaku Perjalanan (OPP) juga meningkat.

Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Ciamis mencatat, sebanyak 50.324 OPP masuk ke wilayah Ciamis.

“Upaya pencehahan secara dini terus dilakukan, kami selalu pakai masker, protokol kesehatan juga diterapkan, dan disiplin dalam physical distancing dalam aktivitas sehari-hari,” terang Herdiat.

Sementara Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam kegiatan touring baksos ke Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, dan Kabupaten Pangandaran, mengatakan, penanganan Covid-19 di Jawa Barat telah dilakukan secara maksimal.

“Sejauh ini penanganan Covid-19 di Jabar telah maksimal,” katanya.

Sedangkan, Nugroho Budi Wiryanto, Pangdam III Siliwangi yang ikut dalam rombongan touring baksos dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-74 itu juga mengingatkan status level kewaspadaan Covid-19 Ciamis yang turun jadi Zona Kuning dari Zona Biru.

“Forkopimda Ciamis harus merapatkan barisan. Jangan ada ego sektoral dalam penanganan Covid-19. Ciamis juga berbatasan dengan Jawa tengah, karena itu perlu pengawasan pos-pos perbatasan,” katanya. (R7/HR-Online)

The post Pelaku Perjalanan Meningkat, Ciamis Jadi Zona Kuning appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/pelaku-perjalanan-meningkat-ciamis-jadi-zona-kuning/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service