Pangandaran Miliki Alat TCM, Jeje; Hasil Swab Hanya 2 Jam

Pangandaran Miliki Alat TCM

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran, Jawa Barat, sudah memiliki alat Tes Cepat Molekuler (TCM).

Alat tersebut fungsinya untuk melakukan swab test terhadap pasien yang diduga terpapar virus Corona.

“Keberadaan alat TCM ini nantinya bakal digunakan untuk pemeriksaan spesimen pasien suspect Covid-19 dengan cepat,” ucap Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, Sabtu (4/7/2020).

Sementara untuk hasil uji swab test, lanjut Jeje, alat tersebut hanya membutuhkan waktu kurang lebih dua jam. “Selain itu, akurasinya sama dengan tes PCR atau tes polymerase chain reaction,” kata Jeje.

Jeje menambahkan, alat TCM yang sudah dibeli itu, mulai pekan depan sudah bisa digunakan. Kemungkinan, alat canggih ini akan tempatnya di Labkesda, yang berada di belakang Puskesmas Cikembulan.

Dia mengungkapkan, alasan membeli alat TCM ini, yaitu karena hasil swab test yang dilakukan di provinsi dianggap memakan waktu yang sangat lama.

Sehingga, selama menunggu hasil tes swab dari provinsi itu, Pemkab Pangandaran juga harus menunggu untuk menentukan langkah terhadap para pasien positif Covid-19.

“Itulah yang selama ini menjadi kendala kami saat warga Pangandaran mengalami gejala Corona,” ungkapnya.

Jeje menambahkan, dengan adanya alat TCM tersebut, proses pemeriksaan pasien suspect Covid-19, tidak akan menunggu lama.

”InsyaAllah kita akan lebih cepat mengetahui hasil swab test tersebut di Kabupaten Pangandaran,” katanya.

Jeje mengatakan, dengan cepatnya hasil swab test tersebut, maka tenaga medis juga lebih cepat menentukan langkah-langkah pengobatan lebih lanjut.

“Nantinya Labkesda sanggup memeriksa 40 sampai 50 sampel. Hal itu mengingat terbatasnya tenaga medis memeriksa swab dengan alat TCM ini,” pungkasnya. (Entang/R5/HR-Online)

The post Pangandaran Miliki Alat TCM, Jeje; Hasil Swab Hanya 2 Jam appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/alat-tcm/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service