Ombak Rip Current, Gelombang Laut Mematikan Penyebab Orang Hilang

Ombak Rip Current

Ombak rip current merupakan sejenis arus balik yang terpusat dengan kecepatan yang tinggi. Ombak rip ini banyak menelan korban dan sangat berbahaya.

Anda mungkin pernah mendengar wisatawan yang hilang ketika sedang berenang di pinggir pantai, ini bisa saja terjadi karena ombak tersebut.

Arus laut jenis ini biasa juga disebut dengan boleran dan seringkali keberadaannya tidak mudah ditebak, bahkan biasanya terlihat seperti tidak memiliki arus.

Proses Terbentuknya Ombak Rip Curent

Ketika ombak dari tengah laut menuju ke pantai dan berbenturan dengan bibir pantai akan memunculkan arus susur pantai.

Arus susur pantai adalah sejenis gelombang laut yang berjalan menusuri pinggiran pantai yang ada sebelum air tersebut kembali ke tengah dan disusul ombak berikutnya.

Namun, pada satu kondisi gelombang seperti ini bisa bertemu dan terpusat hingga menciptakan sebuah arus balik yang terkonsentrasi.

Hal itulah yang kemudian menciptakan ombak rip current atau boleran, jadi semacam gabungan gelombang balik dari beberapa arus.

Kecepatan yang tercipta ketika boleran terbentuk bisa mencapai 2 meter per detik atau bisa mencapai 80 km per jam.

Oleh karenanya ombak jenis ini sangat berbahaya, bahkan seorang perenang handal sekalipun bisa terseret ke tengah laut.

Tetapi, meskipun keberadaannya tidak menentu, saat ini area pantai yang berpotensi menciptakan ombak dengan kecepatan tinggi ini sudah ditemukan.

Biasanya, boleran tercipta di area bibir pantai yang berbentuk cekung dan pada area-area tertentu yang biasanya sudah ditandai atau bahkan dilarang untuk berenang.

Baca juga: Muntahan Ikan Paus Embergis yang Harganya Selangit

Cara Menyelamatkan Diri

Ketika seseorang terseret oleh boleran atau ombak rip current, biasanya orang tersebut akan panik karena tidak bisa berbuat apa-apa.

Kemampuan ombak ini untuk membuat orang tetap mengambang dan kecepatannya yang tinggi memaksa orang untuk tetap terseret arus.

Karena panik maka orang tersebut akan berusaha sekuat tenaga untuk bereng ke darat dan menyelamatkan diri, padahal itu percuma.

Menurut Badan Cuaca Amerika Serikat (NWS), terdapat satu cara menyelamatkan diri dari boleran, yaitu dengan mengikuti arusnya.

Ketika berusaha melawan orang yang terbawa hanyut hanya akan mengalami kelelahan dan tenggelam, hal inilah yang menyebabkan orang hilang.

Karena itu, mengikuti arus dan berusaha tetap mengambang di atas permukaan adalah satu-satunya cara menyelamatkan diri dari ombak rip current.

Meskipun rip current sangat cepat, namun ada ujungnya dimana arus berhenti atau melemah, biasanya berada lebih jauh dari pantai.

Ketika sudah berada di ujung gelombang, maka berusahalah keluar dengan berenang ke samping sampai tidak lagi terbawa arus.

Baca juga: Gas Metana di Antartika Bocor Untuk Pertama Kali, Inilah Krisis Iklim

Ketika sudah keluar, orang tersebut bisa berusaha berenang kembali ke bibir pantai atau melambaikan tangan meminta pertolongan ke petugas pantai.

Itulah ombak rip current, sebuah arus laut yang mematikan dan bisa membuat orang hilang ketika tidak mampu menyelamatkan diri. (Muhafid/R6/HR-Online)

The post Ombak Rip Current, Gelombang Laut Mematikan Penyebab Orang Hilang appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/ombak-rip-current/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service