Manfaatkan Libur Sekolah, Anak-anak di Ciamis Ini Mencari Kijing untuk Dijual

Mencari Kijing

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sejumlah anak di Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis memanfaat waktu libur untuk mencari kijing atau remis di saluran air.

Lutfi (16), salah satu anak, mengatakan, kegiatan tersebut awal mulanya hanya iseng dan untuk dimakan sendiri. Namun karena melihat banyak warga yang membelinya, akhirnya ia mencari kijing dengan jumlah cukup banyak.

“Biasanya kita berangkat jam 09.00 WIB sampai 11.00 WIB. Dalam waktu 2 jam itu biasanya dapat 2 kilogram remis, dan hasilnya kita tawarkan ke warga,” kata Lutfi kepada HR Online, Sabtu (4/7/2020).

Menurutnya, kijing atau yang biasa disebut orang Sunda sebagai Haremis, memiliki nilai ekonomi dan bisa menjadi obat.

Untuk mendapatkannya pun cukup mudah, hanya menggunakan sebuah alat yang terbuat dari bambu, sair, haremis yang bercampur pasir sungai dapat diambil dengan mudah.

“Kebetulan selokan di daerah saya banyak haremisnya. Lumayan hasil penjualan bisa buat jajan, apalagi karena libur terus uang jajannya jadi sedikit,” imbuhnya.

Harga remis ukuran 1 kilogram, sambungnya, dihargai sekitar Rp 20 ribu. Dari penjualan tersebut ia bagikan bersama 3 temannya.

“Kalau tidak ada yang membeli ya kita masak sendiri dan dimakan ramai-ramai dengan teman,” pungkasnya. (Es/R6/HR-Online)

The post Manfaatkan Libur Sekolah, Anak-anak di Ciamis Ini Mencari Kijing untuk Dijual appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/manfaatkan-libur-sekolah-anak-anak-di-ciamis-ini-mencari-kijing-untuk-dijual/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service