Makanan Sehat dan Bergizi agar Selalu Bugar dan Jauh dari Penyakit

makanan sehat dan bergizi

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi bukan saja penting untuk memelihara kesehatan, namun juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Karena itu penting memilih makanan sehat yang sesuai kebutuhan tubuh.

Makanan memainkan peran penting bagi kehidupan. Selain untuk bertahan hidup, mengonsumsi makanan juga perlu memperhatikan kebutuhan tubuh. Dengan makanan yang terbaik akan membuat tubuh selalu sehat, bugar, dan jauh dari penyakit.

Karena itu penting memilih dan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Makanan tak hanya harus sehat, namun juga mengandung nutrisi yang sesuai kebutuhan tubuh. Terlebih dengan tingginya aktivitas kerja yang menyita waktu.

Slogan tentang makanan 4 sehat dan 5 sempurna yang legendaris dan dikampanyekan sejak 1952 tampaknya sudah tak sesuai kebutuhan zaman. Sebagai gantinya, Kementerian Kesehatan pada 2014 telah mengeluarkan Pedoman Gizi Seimbang (PGS).

Pilihan Makanan Sehat dan Bergizi

Untuk menjaga tubuh agar selalu sehat dan jauh dari penyakit, Anda perlu membuat menu makanan yang harus dikonsumsi setiap hari. Berikut ini daftar menu makanan yang bisa Anda pilih.

Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan super atau superfood yang tinggi serat dan sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Selain nutrisinya yang lengkap, sarapan dengan makanan ini dapat menjaga kenyang hingga saat makan siang.

Namun untuk mendukung aktivitas seharian, siapkan menu sarapan oatmeal dengan campuran susu dan madu agar lebih enak dan lezat. Sarapan ini juga mampu memberikan energi yang cukup untuk Anda yang sibuk.

Ubi

Jenis umbi-umbian juga termasuk makanan sehat dan bergizi yang merupakan sumber energi yang kaya nutrisi. Makanan ini bisa menjadi pengganti nasi yang sebenarnya kurang sehat.

Ubi banyak mengandung vitamin B6, C, kalium, mangan, dan mineral lain yang sangat dibutuhkan tulang dan meningkatkan imunitas tubuh. Ubi juga menjadi sumber vitamin A yang penting untuk kesehatan mata.

Telur

Telur juga dikenal kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Makanan ini baik untuk melindungi kulit, kesehatan mata, dan memberikan sumber energi untuk aktivitas seharian.

Yogurt

Yogurt diketahui kaya probiotik yang baik menjaga sistem pencernaan. Makanan ini juga mengandung protein, vitamin B12, kalsium, kalium, zinc, dan fosfor. Agar terasa enak, bisa ditambahkan madu atau buah.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga termasuk makanan sehat dan bergizi yang penting untuk tubuh. Selain mampu menjaga kesehatan jantung, kacang juga kaya serat dan antioksidan yang baik untuk menjaga pencernaan dan mencegah penyakit.

Sayuran

Sayuran juga sebaiknya tidak terlewat dalam menu harian Anda. Sayuran yang penting antara lain brokoli, bayam, dan tomat. Selain kaya serat, sayuran ini juga kaya vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Buah-buahan

Buah-buahan juga termasuk makanan sehat dan bergizi yang tidak boleh dilewatkan dalam menu harian Anda. Beberapa buah yang disarankan adalah jeruk, pepaya, alpukat, dan jenis beri (stroberi, raspberry, blueberry, dan lainnya.

Ikan Air Tawar dan Salmon

Makanan lainnya yang juga perlu masuk dalam menu harian Anda adalah ikan. Ikan laut, khususnya ikan Salmon sangat disarankan. Jika terlalu mahal, hampir semua jenis ikan air tawar juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Makanan Lainnya

Ada sejumlah bahan makanan lainnya yang sebaiknya juga digunakan dalam mengolah menu makanan sehat Anda. Seperti minyak zaitun, bawang putih, madu, dan berbagai bahan rempah.

Itulah berbagai pilihan terbaik jenis makanan sehat dan bergizi yang sebaiknya masuk dalam menu harian Anda. Dengan mengonsumsi makanan di atas, bukan saja akan membuat tubuh selalu bugar dan sehat, namun juga jauh dari penyakit. (R11/HR-Online)

The post Makanan Sehat dan Bergizi agar Selalu Bugar dan Jauh dari Penyakit appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/makanan-sehat-dan-bergizi/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service