News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kucing Gli di Hagia Sophia Turki jadi Favorit Wisatawan, Ini Sejarahnya!

Kucing Gli di Hagia Sophia Turki jadi Favorit Wisatawan, Ini Sejarahnya!

Kucing gembul bernama Gli menjadi penghuni Hagia Sophia selama 17 tahun. Foto : @hagiasophiacat.

Kucing Gli di Hagia Sophia menjadi perhatian publik. Pasalnya, Presiden Turki, Edrogan, telah mengubah bangunan museum tersebut menjadi masjid. Keberadaan Gli yang sudah 17 tahun tinggal di tempat tersebut banyak dipertanyakan publik.

Di antara berbagai hal yang menarik tentang Hagia Sophia, ada satu hal yang unik untuk diketahui, yaitu mengenal Gli, si kucing betina dengan bulu abu-abu.

Namun, dengan keputusan Presiden Turki mengubah museum Hagia Sophia menjadi masjid, publik di Turki maupun di negara lain pun bertanya-tanya. Apakah Gli juga harus pindah? Pertanyaan itu muncul setiap harinya di media sosial dan kantor berita lokal.

Pihak berwenang di negara tersebut sudah memperjelas bahwa Hagia Sophia bisa tetap menjadi rumah bagi Gli. Bahkan, semua kucing lainnya yang ada di daerah itu juga diizinkan untuk tetap tinggak di tempat tersebut.

Hal itu ditegaskan juru bicara Presiden Turki, Ibrahim Kalin, bahwa kucing Gli di Hagia Sophia akan tetap ada, bersama semua kucing lainnya dipersilahkan untuk tinggal di masjid.

Dirangkum dari berbagai sumber, Gli merupakan kucing jenis European Shorthair, dan menjadi penghuni setia di Hagia Sophia, Turki, selama belasan tahun.

Kucing yang memiliki bulu abu-abu dengan warna mata hijau bersinar dan sedikit juling ini jadi favorit para pengunjung Hagia Sophia.

Bahkan, kucing gembul bernama Gli punya puluhan ribu pengikut di Instagramnya. Diketahui mantan Presiden AS, Barack Obama, juga sebagai penggemar Gli. Hal itu membuat kucing lucu Gli setenar rumahnya, yakni Hagia Sophia.

Kucing Gli di Hagia Sophia Tak Tinggal Sendirian

Kucing lucu Gli tinggal di Hagia Sophia tak hanya sendiri, tapi ada banyak kucing lain yang sebelumnya juga tinggal di sana.

Bahkan, pihak berwenang Turki tetap mengizinkan Gli dan kucing-kucing lainnya untuk tinggal di museum yang kini telah berubah mesjid tersebut.

Hal itu sudah dipertegas oleh Ibrahim Kalin, juru bicara Presiden Turki, bahwa kucing Gli akan tetap ada di sana bersama dengan kucing-kucing lainnya.

Gli juga ditemani oleh kakak perempuannya yang diberi nama Kizim. Meski begitu, Gli menjadi kucing primadona yang ada di Hagia Sophia.

Bahkan, kala itu ketika Barrack Obama sebagai Presiden AS berkujung ke Hagia Sophia, juga menyempatkan bertemu dengan Gli.

Menurut seorang pemandu wisata, Bahceci, bahwa yang menjadi salah satu alasan para wisatawan berkunjung ke Istanbul Turki adalah untuk menemui Gli.

Seperti Model

Kucing Gli di Hagia Sophia jadi favorit wisatawan. Foto : @hagiasophiacat.

Pemandu wisata, Bahceci, yang juga pembuat akun Instagram khusus untuk Gli, mengatakan, saat ini Gli sudah memiliki 50 ribuan pengikut. Akun Instagram-nya adalah @hagiasophiacat

Dalam akun Instagramnya itu diisi dengan foto-foto Gli, beberapa di antaranya ditandai para wisatawan lokal maupun luar yang ingin bertemu dengannya.

Bahceci sendiri mulai memperhatikannya setiap kali datang ke Hagia Sophia. Karena, kucing Gli di Hagia Sophia itu kerap berpose di hadapan para pengunjung layaknya seorang model.

Jika Gli ingin berinteraksi dengan para pengunjung, maka kucing tersebut akan berdiri di bagian atas mimbar. Tapi kalau terlalu lelah, Gli akan tiduran di area upacara mahkota raja-raja Roma (Omphalos).

Namun ketika musim panas, Gli sering ditemukan tengah tiduran di lantai mesjid Hagia Sophia, tepatnya di dekat jendela besar. Ternyata rebahan disaat angin sepoi-sepoi menjadi hobi juga bagi kucing ini.

Baca Juga : Hagia Sophia, Museum Turki yang Dijadikan Masjid

Sejarah Gli Tinggal di Hagia Sophia

Dikutip dari laman Hagia Sophia Turkey, kucing bernama Gli punya arti persatuan cinta. Gli memiliki saudara bernama Pati, tapi sudah sejak lama mati.

Gli juga punya saudara perempuan yang bernama Kizim, sedangkan induk mereka bernama Sofi. Baik Gli dan Kizim sama-sama lahir pada tahun 2004.

Ketenaran kucing gembul itu berawal ketika kedatangan Barrack Obama, mantan Presiden AS, ke Hagia Sophia. Kedatangannya disambut Presiden Turki, Erdogan, dan saat itu keduanya membelai Gli.

Mulai dari situlah kemudian banyak orang yang tertarik ingin melihat Gli. Sampai akhirnya Hagia Sophia jadi salah satu tempat yang dituju para wisatawan ketika mengunjungi Turki.

Di masa mudanya, Gli merupakan kucing pemburu yang kerap berburu burung. Tapi, saat ini usianya beranjak tua bagi ukuran kucing, sehingga Gli tak lagi berburu. Terlebih bagian matanya kirinya sudah mengalami gangguan.

Walaupun tempat tersebut kini kembali berubah menjadi masjid, namun keberadaan kucing Gli di Hagia Sophia tetap dipertahankan dan juga dirawat.

Sekilas Tentang Hagia Sophia

Sebagai informasi, selama 900 tahun atau sebelum direbut oleh penguasa Ottoman, Hagia Sophia merupakan katedral Byzantium Kristen. Kemudian, berubaha fungsi sebagia masjid pada tahun 1934.

Bangunan tersebut selanjutnya dijadikan museum, dan sekarang fungsinya berubah lagi menjadi masjid. Pihak pengadilan bulan Juli ini telah memutuskan bahwa konversi bangunan ke museum pada saat itu melanggar hukum.

Akhirnya, pada Jum’at (24/07/2020), untuk pertama kalinya dalam kurun waktu 86 tahun, ribuan umat muslim di Turki melaksanakan salat Jum’at di Hagia Sophia. (Eva/R3/HR-Online)

The post Kucing Gli di Hagia Sophia Turki jadi Favorit Wisatawan, Ini Sejarahnya! appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/kucing-gli-di-hagia-sophia-turki-jadi-favorit-wisatawan/

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.