Khasiat Minyak Eucalyptus untuk Kesehatan yang Diklaim Sebagai Antivirus Corona

Khasiat minyak eucalyptus untuk kesehatan sangat melimpah. Foto: Net/Ist.

Khasiat minyak eucalyptus untuk kesehatan sangat melimpah. Bahkan, baru-baru ini minyak eucalyptus dikembangan sebagai penangkal virus Corona oleh Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Dalam kehidupan sehari-hari, mungkin sebagian dari Anda sudah mengenal eucalyptus (minyak kayu putih). Eucalyptus dikenal berkhasiat untuk menghangatkan badan ketika udara dingin, mencegah gigitan nyamuk, dan lainnya.

Namun di balik itu, ternyata eucalyptus memiliki khasiat lainnya yang perlu Anda ketahui. Bagian daun tanaman ini juga menjadi makanan favorit koala loh.

Lantas, apa saja khasiat yang terkandung dalam eucalyptus untuk kesehatan manusia? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasannya.

Beragam Khasiat Minyak Eucalyptus untuk Kesehatan

Merangsang Sistem Imun Tubuh

Menurut jurnal yang diterbitkan BMC Immunology, menyebutkan bahwa eucalyptus atau minyak kayu putih mampu merangsang sistem imun (kekebalan) tubuh.

Berdasarkan hasil penelitian, para peneliti juga menemukan kalau eucalyptus bisa tingkatkan respon fagositik dalam sistem kekebalan tubuh terhadap patogen.

Fagositosis ini adalah proses sistem imun tubuh saat mengonsumsi dan menghancurkan partikel-partikel asing.

Mengatasi Masalah Pernapasan dan Pilek

Khasiat minyak eucalyptus untuk kesehatan lainnya yaitu dapat mengatasi masalah pernapasan dan pilek. Ketika terserang masalah pernapasan atau pilek, Anda bisa balurkan eucalyptus atau minyak kayu putih ini ke tubuh.

Penelitian yang diterbitkan dalam Medical News Today, Senin (06/07/2020), merekomendasikan untuk memanfaatkan daun segar minyak kayu putih sebagai obat kumur.

Hal itu berkhasiat meredakan sinusitis, sakit tenggorokan, dan bronkitis. Selain itu, uap dari eucalyptus juga bisa meredakan hidung tersumbat saat dihirup.

Minyak kayu putih ini sangat populer sebagai obat rumahan untuk membantu mengatasi pilek hingga bronkitis.

Eucalyptus untuk Perawatan Gigi

Khasiat minyak eucalyptus untuk kesehatan. Menurut penelitian yang diinformasikan melalui Journal of Periodontology, bahwa zat antibakteri serta antimikroba dari ekstrak eucalyptus atau kayu putih sudah dimanfaatkan untuk dipakai pada sejumlah obat kumur.

Hal itu karena ekstrak daun kayu putih mampu bekerja memerangi bakteri penyebab infeksi pada gusi dan terjadinya kerusakan gigi. Sehingga, eucalyptus diyakini berkhasiat menjaga sekaligus dan merawat kesehatan gigi.

Baca Juga : Kalung Antivirus Corona Mulai Diproduksi Massal Bulan Agustus 2020

Membasmi Ketombe

Khasiat minyak eucalyptus untuk kesehatan lainnya adalah dapat mengurangi ketombe. Mungkin manfaat ini belum banyak diketahui orang.

Penelitian yang diterbitkan oleh Womenshealthmag, menyebutkan bahwa, kandungan antijamur dalam minyak eucalyptus mampu memerangi jamur malassezia. Yakni jamur penyebab ketombe paling umum.

Cara menggunakan minyak kayu putih untuk membasmi ketombe, campurkan dua sampai empat tetes minyak tersebut dengan minyak kelapa satu atau dua sendok makan.

Setelah itu oleskan campuran kedua bahan tersebut ke bagia kulit kepala. Biarkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Mengurangi Nyeri Sendi dan Nyeri Otot

Khasiat minyak eucalyptus untuk kesehatan berikutnya yaitu mengurangi nyeri sendi dan nyeri otot. Hal ini berkat kandungan zat anti-inflamasi yang ada dalam minyak tersebut mampu bekerja dengan baik.

Manfaatkan minyak eucalyptus jika Anda mengalami nyeri sendi dan nyeri otot setelah berolahraga. Atau menderita sakit kronis di bagian sendi dan otot yang disebabkan kondisi tertentu.

Cara menggunakannya, cukup campurkan ekstrask eucalyptus satu hingga dua tetes dengan minyak kelapa, minyak jojoba, atau argan. Kemudian, gosokkan dengan gerakan memutar ke bagian tubuh yang sakit. Gunakan secara rutin sampai rasa sakitnya mereda. (Eva/R3/HR-Online)

The post Khasiat Minyak Eucalyptus untuk Kesehatan yang Diklaim Sebagai Antivirus Corona appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/khasiat-minyak-eucalyptus-yang-diklaim-antivirus-corona/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service