News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jembatan Penghubung Mekarjaya dan Saguling Ciamis Diperbaiki

Jembatan Penghubung Mekarjaya dan Saguling Ciamis Diperbaiki

Jembatan Penghubung Mekarjaya dan Saguling Ciamis Diperbaiki

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Setelah hampir satu tahun rusak akibat hancur tergerus Sungai Cileumah, jembatan yang menjadi penghubung dua desa, yaitu Desa Mekarjaya dan Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Ciamis, akhirnya diperbaiki menggunakan anggaran Dana Desa (DD) kedua desa.

Kepala Dusun Balemoyan Desa Mekarjaya, Nur Ali, ketika ditemui Koran HR, Selasa (21/07/2020), mengatakan, keberadaan jembatan penghubung ini menjadi akses penting kedua desa, sebab setiap hari banyak dilalui warga. Namun saat rusak, jembatan tersebut berbahaya dilalui apalagi warga yang membawa kendaraan.

“Karena kondisi jembatan yang sudah lama rusak, sehingga hancur ketika Sungai Cileumah meluap. Otomatis akses menuju desa tetangga menjadi terputus. Padahal banyak juga petani dari Desa Mekarjaya yang memiliki lahan sawah di Desa Saguling. Akhirnya jembatan bisa diperbaiki,” ungkapnya.

Menurut Nur Ali, karena posisi jembatan ini membelah batas desa, maka dalam memperbaikinya tidak bisa oleh satu desa. Dan setelah bermusyawarah, maka kedua desa sepakat untuk memperbaikinya. Sehingga, jembatan penghubung ini bisa kembali dilalui dengan aman oleh warga setiap hari.

Nur Ali menjelaskan, selama rusak, meski masih bisa dilalui, akan tetapi hanya bisa dilewati orang saja. Sementara kendaraan, baik motor dan mobil tidak bisa lewat. Hal tersebut karena kondisi jembatan jika dilewati kendaraan bisa amblas dan berbahaya bagi pengendara.

“Dengan perbaikan ini, maka akses kedua desa bisa kembali normal dan warga yang melewati jembatan, baik menggunakan kendaraan motor maupun mobil, tidak takut lagi karena sudah bisa dilalui dengan kendraan,” jelasnya.

Anggaran Pembangunan Jembatan Rp 20 Juta

Untuk anggaran, kata Nur Ali, dari pihak Desa Mekarjaya kurang lebih Rp. 20 juta dan jumlah yang sama juga dikeluarkan pihak Desa Saguling. Karena posisi jembatan sendiri satu sisi berada di Dusun Balemoyan Desa Mekarjaya dan satu sisi lagi berada di Dusun Saguling Kolot Desa Saguling.

Sementara itu, Kepala Desa Saguling, Otong, mengatakan, jembatan yang menjadi pembatas desa ini sengaja diperbaiki untuk memberikan kenyamanam kepada warga kedua desa. Terlebih jalur ini jalur terdekat jika menuju Desa Saguling maupun ke Desa Mekarjaya.

“Untuk anggaran sendiri, kami (Desa Saguling) mengeluarkan sekitar Rp. 20,7 juta yang bersumber dari DD. Dengan anggaran tersebut, jembatan bisa dibangun dengan kondisi yang lebih baik,” jelasnya.

Menurut Otong, selain bantalan jembatan yang diperbaiki, tebing yang menjadi kuping jembatan juga dibangun. Sehingga ketika terjadi luapan air Sungai Cileumah jembatan menjadi aman dan tetap kokoh. (es/Koran HR)

The post Jembatan Penghubung Mekarjaya dan Saguling Ciamis Diperbaiki appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/jembatan-penghubung-mekarjaya-dan-saguling-ciamis-diperbaiki/

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.