Ingin Tahu Berjualan Online untuk Pemula Agar Cepat Laku? Ini Tipsnya

berjualan online untuk pemula

Buat Anda yang ingin berjualan online untuk pemula penting mengenal seluk-beluk dunia bisnis online. Apalagi berjualan online tidak sama dengan menawarkan barang secara offline dengan bertemu langsung.

Ada anggapan sebagian orang bahwa bisnis online membutuhkan banyak kemampuan agar bisa sukses. Selain modal yang besar, bisnis melalui internet dipersepsikan membutuhkan keterampilan tentang dunia internet.

Padahal, menjalankan bisnis di dunia maya tidak sesulit yang dibayangkan. Apalagi dengan banyaknya software, tools, atau aplikasi gratis yang semakin memudahkan dalam menjalankan usaha secara online.

Cara berjualan online untuk pemula sesungguhnya tidak sulit dilakukan. Apalagi belakangan makin banyak orang yang memanfaatkan internet untuk memasarkan berbagai jenis barang dan produk.

Seperti toko online yang semakin marak dan tumbuh subur saat ini. Bahkan tak sedikit orang yang mulai ramai membuka lapak di berbagai marketplace di Indonesia. Selain Tokopedia, Bukalapak dan Shopee menjadi pilihan yang menarik.

Usaha jualan ini umumnya menawarkan produk dari baju muslim, gamis, baju batik, tas dan sepatu, HP dan gadget, alat rumah tangga, mainan anak, hingga makanan ringan. Berjualan online ini memang sangat prospektif.

Cara Berjualan Online untuk Pemula Agar Laris

Menjalankan bisnis online tak bisa dilakukan asal jalan saja. Tak sedikit pemula yang mengeluh karena barang dagangannya tidak laku. Nah, berikut ini beberapa cara jualan online agar laris dan cepat laku.

Memilih Produk Dagangan

Cara berjualan online untuk pemula tak harus dengan membuat sendiri barang yang akan dijual. Anda bisa memanfaatkan para produsen ataupun pusat grosir untuk mendapatkan barang dagangan yang akan dijual.

Dalam memilih barang jualan sebaiknya jangan terpaku pada jenis produk yang populer dan banyak dibutuhkan saja. Sebab, produk populer tentunya Anda akan menghadapi persaingan yang sangat ketat dengan pedagang lainnya.

Baca juga: Ingin Jualan Online Terlaris di Facebook? Sebaiknya Baca Ini Dulu!

Untuk itu Anda bisa memilih produk dagangan berdasarkan minat Anda atau ketersediaan barang yang ada. Anda juga bisa bergabung menjadi marketing dari pemilik barang. Coba cari di internet barang yang Anda jadikan barang dagangan.

Membuat Foto Produk

Langkah selanjutnya cara berjualan online untuk pemula yang harus dilakukan adalah membuat atau menyiapkan foto produk. Foto produk bahkan menjadi daya tarik utama yang bisa menarik minat calon pembeli.

Meskipun biasanya pihak produsen atau grosir menyediakan foto-foto produk, namun Anda juga perlu mengeditnya agar terlihat lebih menarik. Termasuk jika Anda mendapatkan barang yang belum ada fotonya.

Membuat Deskripsi Produk

Selain foto produk, Anda juga perlu menyiapkan dan membuat informasi tentang detail produk yang dijual. Tips penting cara berjualan online untuk pemula agar cepat laku adalah membuat deskripsi yang jelas, detail, dan jujur.

Keterbatasan konsumen untuk memegang atau melihat langsung produk harus terwakili melalui deskripsi yang rinci. Dari nama produk, jenis bahan, ukuran, hingga warna. Hindari menjiplak deskripsi produk dari lapak atau toko online lainya.

Sebar di Media Sosial

Langkah yang tak kalah pentingnya tentang cara berjualan online adalah menyebarkan produk dagangan Anda ke berbagai media sosial. Selain gratis, media sosial juga memiliki jumlah pengguna yang sangat besar dan potensial.

Baca juga: Meningkatkan Penjualan Online, Begini Caranya!

Anda tak perlu menggunakan banyak media sosial melainkan cukup Facebook dan Instagram saja. Kedua sosial media ini sangat familiar dengan jumlah pengguna terbesar sehingga akan meningkatkan peluang dagangan laku.

Itulah sejumlah langkah cara berjualan online untuk pemula yang bisa Anda lakukan. Yang juga penting dalam berjualan onlina adalah merespon setiap pesan yang masuk melalui kontak yang Anda berikan dengan cepat dan responsif. (R11/HR-Online)

The post Ingin Tahu Berjualan Online untuk Pemula Agar Cepat Laku? Ini Tipsnya appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/ngin-tahu-berjualan-online-untuk-pemula-agar-cepat-laku/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service