Ikan Paling Hitam di Laut dengan Wajah Seram dan Sebagai Kamuflase

Ikan paling Hitam di Laut

Ikan paling hitam di laut atau yang juga dikenal dengan ultra black fish telah dipecahkan penyebabnya oleh para ilmuwan. Mereka meneliti tentang fenomena ikan yang memiliki tubuh berwarna hitam dan merupakan sebuah kamuflase tersebut.

Ikan ini seperti dragon fish dan juga fangtooth. Mereka mampu menyerap dari 99,5 persen lebih cahaya. Sehingga, ikan tersebut mampu menghindarkan diri dari deteksi dengan cara memunculkan kamuflase yang sulit dibedakan.

Baca Juga: Ikan Lamprey Laut Penghisap Darah, Ikan Vampir Sekaligus Fosil Hidup

Ikan Paling Hitam di Laut

Dari penelitian tentang adanya ikan berwarna hitam di laut tersebut, dijelaskan oleh para ilmuwan sebagai sebuah kamuflase. Ini juga diperkirakan bahwa bentuk dan juga konfigurasi dari struktur ikan tersebut terdapat di permukaan kulit mereka.

Seperti dilansir pada Gizmodo, seorang penulis studi di Smithsonian National. Dimana merupakan sebuah museum sejarah alam yang ada di Amerika Serikat, ia adalah Karen Osborn. Ia mengatakan jika tertarik dengan ikan yang berwarna ultra hitam saat ia mengambil foto dari beberapa spesimen.

Dalam proses pengambilan foto ikan tersebut, ia juga mengatur kameranya agar mendapatkan gambar yang tajam dan juga jelas.

“Apabila anda ingin membaur dalam kegelapan yang tak terbatas di sekitar anda, maka menghisap foton yang menghantam anda adalah cara yang paling bagus dalam cara menghilang,” katanya.

“Mereka hitam karena menyedot semua cahaya di sekitarnya,” imbuhnya.

Osborbn juga menjelajah ke berbagai wilayah dalam upayanya untuk mengambil foto ikan paling hitam di laut tersebut. Ia melakukan ekspedisi ke Teluk Meksiko dan juga Monterey Bay. Dari kedua lokasi ekspedisinya tersebut, Karen Osborn dan juga timnya memakai jaring pukat dan kapal selam.

Kapal tersebut dioperasikan dari jarak yang jauk dalam upaya menangkap lusinan ikan hitam atau ultra black fish. Kemudian jaring tersebut juga dipasang dan kapal menyelam dengan kedalaman satu mil hingga 1,6 kilometer.

Para peneliti tersebut juga memakai alat yakni spektrometer. Alat tersebut berfungsi sebagai pengukur jumlah dari cahaya yang memantulkan kulit dari ultra black fish tersebut. Hal itu menjadi sebuah materi organik yang paling hitam hingga saat ini.

Ultra Black Fish

Ikan hitam atau ultra black fish ini mampu memantulkan cahaya 0,5 persen yang mengenai tubuh mereka. Keadaan tersebut hampir tak tampak, meskipun saat diberi cahaya sekalipun.

Ikan paling hitam di laut atau ultra black ini dilengkapi dengan adanya kamuflase hitam. Sehingga, ikan-ikan ini menjadi 320 kali lebih gelap jika dibandingkan dengan benda-benda yang hitam di sekitar mereka. Hal ini dapat mereka pergunakan dalam menghindari dari pendeteksian dari jarak yang dekat.

Selain ultra black fish, para ilmuwan juga meneliti Idiacanthus Antrostomus (Pasific Blackdragon) dan menjadi ikan kedua yang mereka teliti. Pasific Blackdragon ini mengkombinasikan antara kamuflase ultra hitam dan bioluminescent dalam cara untuk menarik mangsa mereka.

Menurut para peneliti tersebut, meskipun tanpa memakai kamuflaseultra black, ikan ini memiliki gigi yang transparan dan juga umpan yang bersinar. Sehingga, dengan kemampuannya tersebut, banyak mangsa yang takut dengan perawakan ikan Pasific Blackdragon ini.

Penjelasan Para Ahli

Para ahli pun telah mengidentifikasi dari total keseluruhan ikan berkulit hitam yakni 16 spesies. Dari keseluruhan identifikasi tersebut, ikan Anglerfish adalah ikan dengan warna paling hitam diantara yang lain.

Ikan paling hitam di laut ini dapat menyerap cahaya sebesar 99,96 persen yang mengenai tubuh mereka. Ikan-ikan Anglerfish ini memiliki kulit dengan melanosom khusus. Melanosom khusus tersebut merupakan paket yang terdapat dalam sel-sel kulit yang berupa pigmen kecil dan disebut juga dengan melanin.

“Efektifnya, apa yang telah mereka (ikan ultra black) lakukan tersebut adalah membuat suatu perangkap cahaya yang super efisien dan tipis. Cahaya ini tidak memantul kembali. Kemudian cahaya yang masuk ke dalam lapisan kulit akan menghilang,” kata Osborn.

Penelitian tentang ikan paling hitam di Laut ini telah dipublikasikan dalam Current Biology yang berjudul “Ultra Black Camouflage in Deep Sea Fishes”.

Penampakan Ikan Hitam dan Ultra Hitam

Sesuai namanya, dragonfish dan ikan yang memiliki gigi taring lainnya sedikitpun tak memiliki sisi kelucuan. Hal ini justru cenderung lebih seram dan mengerikan.

Penampakan yang mengerikan dari ikan paling hitam di laut dengan kulit hitam dan juga memiliki taring tersebut digunakan dalam menghindari para predator serta mencari mangsa.

The post Ikan Paling Hitam di Laut dengan Wajah Seram dan Sebagai Kamuflase appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/ikan-paling-hitam-di-laut/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service