Fenomena Kehamilan Kriptik, Penjelasan Ibu Hamil 1 Jam dan Melahirkan

Fenomena Kehamilan Kriptik

Fenomena Kehamilan Kriptik terjadi di Tasikmalaya. Seorang ibu viral karena melahirkan seorang bayi laki-laki tanpa hamil 9 bulan seperti pada umumnya. Disebutkan ibu tersebut hamil 1 jam dan tiba-tiba melahirkan. Ilmu kedokteran memberi penjelasan terkait fenomena tersebut.

Dikutip HR Online dari Medicalnewstoday, Senin (20/7/2020) kehamilan kriptik merupakan salah satu jenis kehamilan dimana seorang ibu tidak merasakan gejala kehamilan, namun tiba-tiba merasakan kontraksi dan melahirkan.

Selain kehamilan kriptik, ada istilah lainnya yaitu American Pregnancy, yaitu kehamilan yang tidak sempurna. Istilah umum untuk jenis kehamilan ini adalah hamil anggur.

Baca Juga: Viral! Seorang Ibu di Tasikmalaya Melahirkan Setelah Hamil 1 Jam

Sementara wanita dengan kehamilan kriptik biasanya tidak menunjukkan tanda-tanda kehamilan seperti pada wanita hamil umumnya. Tidak ada mual di pagi hari, bahkan perutnya pun tidak membesar. Ketika bayinya lahir, berat badannya pun kurang.

Fenomena Kehamilan Kriptik pada Seorang Ibu di Tasikmalaya

Istilah kriptik berasal dari kata Cryptic, bahasa latin yang artinya tidak dirasa atau tersembunyi, Cryptic Pregnancy berarti kehamilan kriptik.

Kejadiannya jarang terjadi, perbandingannya 1:25.000, artinya dari 25.000 kehamilan hanya terjadi 1 kali kehamilan kriptik.

Apabila kehamilan kripto pada anak pertama, maka akan mudah dikenali lantaran ada tanda-tanda hamil seperti biasanya.

Namun apabila terjadi pada anak kedua dan ketiga, tidak ada tanda-tanda kehamilan seperti biasanya. Sehingga ibu tidak menyadari kalau sedang hamil.

Tanda-tanda hamil pada umumnya adalah terlambat datan bulan. Apabila usia kehamilan baru 8 sampai 10 minggu, biasanya ditandai dengan mual atau muntah.

Adakalanya ibu sering buang air kecil, berat badan pun bertambah. Pada beberapa kasus, ibu seringkali mengantuk saat pagi hari. Tanda-tanda tersebut tidak terjadi pada ibu dengan fenomena kehamilan kriptik.

Baca Juga: Tak Kunjung Hamil? Kenali Ciri Wanita Mandul Berikut

Seorang ibu di Tasikmalaya melahirkan anak ketiganya tanpa sadar dirinya hamil. Bisa jadi Ibu tersebut tidak merasakan dirinya hamil, lantaran sudah pernah merasakan hamil anak pertama dan kedua.

Ketua Komite Koordinasi Pendidikan sekaligus Dokter Kandungan Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Ruswana Anwar menegaskan, tidak mungkin ada kehamilan satu jam saja dan langsung lahir. Apalagi kehamilan pada anak ketiga bisa terjadi karena tanpa keluhan seperti mual, dan lainnya.

Lalu bagaimana dengan kondisi si ibu yang mengaku tengah menstruasi namun melahirkan. Penjelasannya, pada usia kehamilan beberapa minggu biasanya ibu hamil mengeluarkan flek selama maksimal 5 hari.

Penyebab Kehamilan Kriptik

Fenomena kehamilan kriptik bisa terjadi karena beberapa kondisi, mulai dari PCOS sampai ada juga karena seorang wanita memasuki masa menopause. Seperti dikutip dari Healthline, berikut penjelasan terkait penyebab kehamilan kripto:

PCOS atau Sindrom Ovarium Polikistik

PCOS atau policlistic ovarium syndrome bisa jadi salah satu penyebab kehamilan kripto. Sindrom ini pada umumnya membuat wanita tidak subur, hormon tidak seimbang, dan membuat menstruasi tidak lancar.

Perimanopause

Seperti halnya menopause, gejala perimanopause terjadi saat menstruasi tidak teratur sampai akhirnya berhenti sama sekali.  Tanda-tanda kehamilan seperti berat badan naik dan perubahan hormon menyerupai perimenopause.

Namun ada kalanya saat perimanopause terjadi fenomena kehamilan kriptik, sehingga tidak ada tanda-tanda yang dirasakan seorang ibu.

Konsumsi Pil KB atau Pakai Alat Kontrasepsi IUD

Seorang ibu yang mengonsumsi Pil KB atau menggunakan alat kontrasepsi IUSD seringkali yakin tidak akan hamil. Sehingga dia tidak bisa mengenali kehamilan yang terjadi padanya.

Meskipun mengonsumsi pil KB maupun memakai alat kontrasepsi IUD merupakan salah satu cara untuk mencegah kehamilan, namun ada beberapa kasus wanita hamil.

Lemak Tubuh Rendah

Kehamilan kriptik bisa juga terjadi pada seorang wanita lantaran lemak tubuh dan  terlalu banyak olahraga. Mentruasi bisa tidak terjadi selama berbukan-bulan. Meskipun begitu tidak ada tanda-tanda kehamilan lainnya. Sehingga seorang ibu tidak menyadari kehamilannya.

Seseorang yang mengalami kehamilan kriptik pada umumnya tidak menunjukkan gejala hamil pada umumnya. Ketika melakukan tes kehamilan pun, hasilnya bisa jadi negatif, meskipun tidak menstruasi.

Fenomena kehamilan kriptik ini sering membuat wanita kebingungan. Apalagi jika sebelumnya tidak ada tanda-tanda hamil seperti mual, dan perut membesar. Seperti halnya ibu di Tasikmalaya yang hamil 1 jam dan tiba-tiba melahirkan. (Ndu/R7/HR-Online)

The post Fenomena Kehamilan Kriptik, Penjelasan Ibu Hamil 1 Jam dan Melahirkan appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/fenomena-kehamilan-kriptik-penjelasan-ibu-hamil-1-jam-dan-melahirkan/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service