News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Fakta Unik Andean Condor, Burung Terbesar di Dunia Pemakan Bangkai

Fakta Unik Andean Condor, Burung Terbesar di Dunia Pemakan Bangkai

Fakta Unik Andean Condor

Fakta unik Andean Condor ini merupakan fakta tentang seekor burung dengan ukuran besar yang melintasi dataran tinggi. Burung ini memiliki sarang yang berada di 16 ribu mdpl. Ia termasuk juga ke dalam burung megah dan terbesar di dunia.

Burung ini juga merupakan sebuah reputasi mitos dan kosmogoni Andes. Memiliki ciri khas yang sangat jelas yakni mempunyai kerah berwarna putih di leher untuk burung jantan. Sedangkan untuk burung betina tak mempunyai ciri seperti itu.

Fakta Unik Andean Condor

Terdapat beberapa fakta yang unik dari burung yang memiliki bobot hampir 15 kilo gram ini. Selain terdapat perbedaan dari burung jantan dan betina, yakni dengan melihat ada atau tidaknya kerah putih pada leher, burung ini juga mempunyai jumlah sayap sebanyak 11 helai.

Aktivitas terbangnya pun terbilang langka yakni dengan mengitari ketinggian dengan waktu yang lama dalam sekali waktu terbang. Bahkan, burung ini juga terlihat dapat terbang tanpa mengepakkan sayap mereka.

Dikutip dari National Geographic, fakta unik Andean Condor adalah burung yang terbesar di dunia yang menyukai daerah yang berangin. Hal tersebut mereka lakukan karena bobot tubuh yang cenderung besar dan memerlukan banyak angin untuk membantu mereka agar tetap berada di udara.

Jadi, anda akan menemukan burung Andes Condor ini jika berada di pegunungan, dekat pantai dan gurun yang mempunyai arus udara yang panas dan kuat.

Baca Juga: Penemuan Fosil Wonder Chicken, Burung Modern Berumur 66 Juta Tahun

Andean Condor, Spesies yang Terancam Punah

Populasi dari burung Andes Condor ini pun diketahui telah mengalami penurunan jumlah populasi seperti yang telah diumumkan dalam sebuah acara di Lima Peru tahun 2015.

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Kehutanan tersebut menyebutkan jika jumlah burung ini di Peru tidak mencapai 2.500 ekor. Sedang fakta unik Andean Condor lain dengan jumlah yang menurun juga terdapat di Ekuador yakni tak mencapai 100. Sementara itu, untuk populasi terbanyak masih dipegang oleh negara Argentina yakni sekitar 10.000 ekor.

Penyebab dari kepunahan yang makin menggerus populasi burung Andes Condor ini adalah karena deforentasi dan pencemaran makanan (terdapat kaca yang dapat memotong organ tubuh).

Kemudian juga terjadi perdagangan hewan liar dan juga perburuan hewan ini secara membabi buta tanpa berpikiran panjang tentang populasinya. Kegiatan tanpa perhitungan tersebutlah yang diduga kuat mengakibatkan burung Andes Condor sangat rentan punah.

Andean Condor Tak Mampu Terbang Jarak Jauh

Burung ini kebanyakan berada di daerah pantai dengan memakan bangkai ikan-ikan yang mati atau juga ganggang yang tersapu hingga ke bibir pantai. Kegiatan mereka tersebut telah lama menjadi sebuah dokumentasi hingga bertahun-tahun.

Sehingga, alasan burung ini tak mampu terbang dengan jarak yang jauh adalah kebutuhan mereka dalam mengumpulkan makanan. Mereka juga menjelajahi pulau ke pulau untuk bergabung di sarang burung lain seperti penguin dan juga anjing laut.

Kemudian, fakta unik Andean Condor ini tak mempunyai dada yang besar, sehingga mengakibatkan kemampuannya yang tak bisa bertahan lama untuk terbang. Oleh karena itu, Andes Condor memerlukan bantuan angin yang kuat untuk terbang dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Burung Tercantik di Dunia Diantaranya dari Indonesia

Andean Condor Membersihkan Lingkungan dan Pemakan Bangkai

Fakta unik Andean Condor lainnya, burung ini adalah termasuk ke dalam burung nasar. Dimana burung yang hanya memakan hewan yang mati atau telah menjadi bangkai. Mereka juga dikatakan burung dengan julukan pembersih ladang.

Andean Condor Bukan Hewan Pemburu

Ia adalah burung yang bukan merupakan pemburu alami. Bentuk tubuh yang mereka miliki tak dibuat untuk perburuan. Ia memiliki cakar yang pendek dan juga bulat.

Mereka hanya mematikan jika terdapat makanan yang mati dan mereka akan mengelilingi bangkai tersebut. Mereka juga harus memastikan jika mereka sendirian, kemudian akan turun memakannya.

Andean Condor Dapat Hidup Selama 75 tahun

Tingkat kematian mereka pun rendah dan berbanding lurus dengan reproduksi mereka. Mereka akan mengalami reproduksi dan berkembang biak di saat umur 5-6 tahun.

Sehingga, inilah yang menjadi salah satu alasan mereka terancam punah. Fakta unik Andean Condor tentang kematiannya ini pun juga diduga kuat akibat campur tangan manusia. Tak jarang, manusia berpikiran jika burung ini adalah pertanda suatu keburukan. Sehingga, mereka tak segan untuk membunuh mereka saat sudah dekat dengan mereka.

The post Fakta Unik Andean Condor, Burung Terbesar di Dunia Pemakan Bangkai appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/fakta-unik-andean-condor/

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.