Eka Santosa: Pemekaran Pangandaran Tak Lepas dari Peran Jeje Wiradinata

Eka Santosa: Pemekaran Pangandaran Tak Lepas dari Peran Jeje Wiradinata

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).- Pemekaran Kabupaten Pangandaran yang meliputi 10 Kecamatan, tak lepas dari peran sosok Jeje Wiradinata.

Hal tersebut disampaikan Panglima Pemekaran Kabupaten Pangandaran Eka Santosa Jum’at, (3/7/2020), di Hotel Horison Palma Pangandaran.

Kata dia, saat deklarasi Pemekaran Pangandaran, Jeje Wiradinata menjabat sebagai Ketua DPRD Ciamis. Sementara saat itu, dirinya menjabat anggota DPR RI dapil Ciamis, Banjar dan Kuningan.

Waktu itu dirinya berada di Komisi II DPR RI, dan urusan pemekaran Kabupaten menjadi wilayah kerjanya.

“Saat itu pak Jeje menjabat Ketua DPRD Ciamis, maka langkah dukungannya dilakukan dengan sangat hati-hati,” ujar Eka Santosa.

Pun saat kegiatan deklarasi yang dipelopori oleh Presidium di lapang Merdeka Pangandaran, Eka Santosa menyebut bahwa Jeje Wiradinata menghadiri acara tersebut, hanya saja tidak masuk ke arena deklarasi.

“Setelah acara deklarasi Presidium selesai, saya bertemu dan berbincang cukup lama dengan Pak Jeje,” katanya.

Perbincangan saat itu dilakukan antara Eka Santosa selaku Komisi II DPR RI dengan Jeje Wiradinata selaku Ketua DPRD Ciamis.

Perbincangan kami saat itu yakni merumuskan langkah strategis yang mesti dilakukan agar pemekaran Pangandaran bisa terealisasi.

“Nah, bukti nyata Pak Jeje berperan dalam proses pemekaran Pangandaran salah satunya dengan menandatangani rekomendasi yang menjadi syarat usulan administrasi,” jelas Eka.

Bentuk Tim Percepatan Pemekaran Kabupaten Pangandaran

Eka menambahkan, Jeje Wiradinata juga sempat membentuk Tim Percepatan Pemekaran Pangandaran yang digagas oleh para anggota DPRD Kabupaten Ciamis dari wilayah Selatan waktu itu.

Perlu diketahui, lanjut Eka, Undang Undang DOB Pangandaran merupakan hak inisiatif DPR RI dan sudah masuk pada agenda pembahasan.

Usulan hak inisiatif DPR RI waktu itu perlu ada dukungan tanda tangan 13 anggota DPR RI.

Sementara waktu itu anggota DPR RI dari daerah pilihan Ciamis, Banjar, Kuningan hanya berjumlah 7 orang.

Untuk memenuhi syarat dukungan tanda tangan 13 anggota DPR RI itu, dirinya melakukan berbagai upaya loby politik, upaya tersebut juga dilakukan oleh Jeje Wiradinata melalui jalur Partai.

Upaya Eka Santosa dan Jeje Wiradinata rupanya membuahkan hasil dengan menggalang dukungan penandatanganan dari 6 orang anggota DPR RI luar daerah pilihan Ciamis, Banjar, Kuningan.

“Jadi kalau masih ada yang menanyakan apakah Pak Jeje memiliki peran dalam memekarkan Pangandaran, tentu jawabannya adalah sangat memiliki banyak peran,” tegas Eka.

Namun kata dia, peran dan langkah yang dilakukan oleh Jeje Wiradinata dalam mensukseskan pemekaran, dilakukan dengan cara yang strategis.

“Saya harap pernyataan ini bisa menjadi jawaban atas pertanyaan masyarakat yang belum tahu peran Pak Jeje dalam mendorong pemekaran Pangandaran,” pungkas Eka Santosa. (Ceng2/R8/HR Online)

The post Eka Santosa: Pemekaran Pangandaran Tak Lepas dari Peran Jeje Wiradinata appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/eka-santosa-pemekaran-pangandaran-tak-lepas-dari-peran-jeje-wiradinata/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service