News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Di Ciamis, Ikan Mas di Embung Bisa Muncul Jika Dipanggil Ujang dan Nyai

Di Ciamis, Ikan Mas di Embung Bisa Muncul Jika Dipanggil Ujang dan Nyai

Ikan Mas di Embung

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ikan mas yang ada di embung di Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, berbeda dengan di kolam air tawar lainnya.

Pasalnya, ikan nama lain dari karper ini bisa muncul atau menampakkan diri jika dipanggilnya “ujang” dan “nyai”.

“Ikan mas tersebut diberi nama ujang dan nyai. Dan ikan itu akan muncul manakala dipanggil dengan nama itu,” ucap Mahmud Zulkarnaen, warga sekitar embung kepada HR Online, Senin (27/7/202).

Menurut Mahmud, bagi orang yang tidak bisa atau tidak tahu memanggilnya, maka untuk melihat satu ekor ikan tersebut pun akan sulit.

“Namun, kalau tahu caranya, ikan mas berwarna merah ketika dipanggil langsung muncul menampakan diri. Kalau tidak percaya tinggal dibuktikan saja,” katanya.

Mahmud menambahkan, dirinya telah membudidayakan beberapa ekor ikan mas berwarna merah, jauh sebelum embung yang berada di desa itu ditaburi ikan dari bantuan pemerintah.

Dia mengungkapkan, karena di embung tersebut terbilang angker, maka tidak ada orang yang berani memancing ikan. Sehingga, ikan karper tersebut perkembangan atau pertumbuhannya sangat cepat besar.

“Sebab selain tidak ada yang berani memancing, juga di embung itu banyak sumber makanan untuk ikan,” terangnya.

Kaur Ekbang Desa Ciakar, Nono, mengatakan, air embung yang sangat jernih itu bisa dimanfaatkan untuk mengairi areal pertanian/percetakan sawah baru.

Selain itu, juga bisa dijadikan sumber air untuk pemenuhan sarana air bersih untuk kebutuhan rumah tangga.

Terkait adanya ikan ikan mas yang bernama ujang dan nyai, Nono mengaku baru mendengarnya dari orang yang menanamnya.

“Benar tidaknya bisa muncul atau menampakan diri manakala dipanggilnya ujang dan nyai, belum bisa dipastikan kebenarannya,” katanya.

Sebab, lanjutnya, untuk saat ini hanya bendungan dan genangan air saja yang bisa terlihat. “Untuk membuktikan kebenarannya, saya dalam waktu dekat ini akan mencobanya,” ucap Nono. (Edji/R5/HR-Online)

The post Di Ciamis, Ikan Mas di Embung Bisa Muncul Jika Dipanggil Ujang dan Nyai appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/di-ciamis-ikan-mas-di-embung-bisa-muncul-jika-dipanggil-ujang-dan-nyai/

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.