Desain Rumah Kontemporer Ternyata Mudah Dibuat, Begini Caranya

Desain Rumah Kontemporer Ternyata Mudah Dibuat, Begini Caranya

Desain rumah kontemporer menjadi salah satu gaya interior yang banyak disalahpahami. Sebab, terkadang desain seperti ini bukan hanya bisa mewujudkan satu gaya di area tertentu saja. Desain seperti ini juga selalu berkembang.

Fungsinya untuk mencerminkan gaya populer dan terkini. Sebenarnya desain hunian yang mengusung gaya kontemporer juga mengambil berbagai macam gaya. Mulai dari gaya khas minimalis, modern kesenian, hingga interior tradisional.

Bila anda suka gaya kontemporer dan ingin mengaplikasikannya di hunian anda, maka berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu anda untuk menciptakan estetika desain kontemporer yang ramah dan tenang.

Baca Juga: Desain Rumah Industrial Hadirkan Kesan Alami yang Hangat pada Hunian

Tips Menciptakan Desain Rumah Kontemporer

Desain hunian yang menerapkan gaya kontemporer punya ciri khas yang lebih fleksibel. Tujuannya untuk mendongkrak aturan desain konvensional.

Bila anda ingin memiliki desain hunian yang simpel namun tak terkesan biasa saja, maka anda dapat memilih gaya kontemporer sebagai pilihan yang tepat.

Ada beberapa ciri khas gaya desain kontemporer yang bisa membuat hunian anda nyaman. Berikut ulasannya.

Pencahayaan Alami

Rumah yang mengusung gaya kontemporer identik dengan pencahayaan alami yang maksimal. Oleh karena itu, pemakaian kaca untuk sekat antar ruang cukup dominan.

Hunian yang memiliki desain interior kontemporer sering memakai jendela dengan ukuran besar. Dilengkapi dengan skylight supaya menghadirkan suasana yang selalu terang.

Mulai dari pagi sampai dengan sore hari. Disamping bisa membuat desain rumah kontemporer tampak lebih nyaman, ciri khas desain kontemporer juga sangat efektif dalam menghemat penggunaan listrik.

Pemilihan Warna Netral

Pemilihan warna netral seperti putih, hitam, dan abu-abu memang identik dengan desain kontemporer. Pemilihan warna tersebut bisa memberikan kesan ruangan lebih luas.

Selain itu, warna netral yang ada pada rumah dengan gaya kontemporer juga sering dikombinasikan dengan warna kontras. Seperti warna bernuansa biru atau merah.

Tujuannya adalah untuk bisa menonjolkan kesan yang artistik. Dengan demikian, desain rumah tersebut tidak terkesan monoton. 

Menata Ruangan dengan Minim Sekat

Salah satu ciri desain rumah kontemporer adalah penataan ruangan yang minim sekat. Ini bisa anda wujudkan dengan mudah meskipun di rumah yang kecil.

Sebab, keberadaan sekat yang dibuat dari tembok atau berbagai bahan permanen lain kurang maksimal. Hal ini dapat menimbulkan kesan yang sempit dan sesak.

Akan lebih baik bila anda menggabungkan beberapa ruangan supaya memberikan nuansa interior yang simpel dan terlihat luas. Memilih warna interior yang senada dalam setiap ruangan bisa mengurangi kesan sempit dan bisa menambah keserasian.

Memanfaatkan Berbagai Material Natural

Bila kita sampai pada urusan material, desain hunian yang mengusung konsep kontemporer sering mengandalkan material alam. Seperti batu alam, kayu asli, kayu daur ulang, beton, dan besi.

Pemilihan material ini seringkali digunakan tanpa adanya proses finishing. Hal ini bertujuan agar memberikan kesan yang alami dan lebih menonjol pada desain rumah kontemporer.

Dengan demikian, anda juga harus bisa memilih mana material yang berkualitas saat ingin mengusung gaya kontemporer pada rumah anda. Supaya material tersebut bisa bertahan lama meski tidak melewati proses finishing.

Lantai Polos

Lantai dengan motif polos juga sangat identik dengan desain interior bergaya kontemporer. Anda dapat memilih bahan lantai bebas sesuai kebutuhan dan selera. Seperti bahan porselen, kayu, sampai keramik.

Umumnya interior kontemporer itu akan membiarkan tampilan lantai polos tanpa alas apapun. Tetapi ada juga yang memasukkan lantai polos dengan karpet bermotif.

Ini bisa menjadi penanda batas antar ruangan di dalam rumah. Bila ingin menambahkan karpet bermotif, sebaiknya pastikan warna lantai dan karpetnya serasi. Dengan begitu, desain rumah kontemporer akan semakin nyaman.

Furniture Minimalis yang Ringan

Dalam melengkapi desain interior pada hunian bergaya kontemporer, maka anda harus bisa memilih furniture yang memiliki model tepat. Pilihan terbaik bisa anda jatuhkan pada furniture minimalis. Sebab ini akan memberikan kesan ringan dan simpel.

Paduan antara desain interior kontemporer serta furniture yang memiliki desain tepat. Ini bisa menghasilkan suasana ruang yang nyaman. Selain itu, furniture minimalis juga tidak akan ketinggalan zaman.

Anda bahkan bisa memilih furniture yang tidak melewati proses finishing. Furniture seperti ini bisa menghadirkan desain rumah kontemporer yang memiliki kesan natural kuat. (R10/HR-Online)

The post Desain Rumah Kontemporer Ternyata Mudah Dibuat, Begini Caranya appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/desain-rumah-kontemporer/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service