News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Daftar Online Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Pekan Ini

Daftar Online Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Pekan Ini

Daftar Online Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Pekan Ini

Daftar online kartu prakerja bisa dilakukan dengan login ke www.prakerja.go.id. Rencananya, pemerintah Indonesia akan membuka pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 pada akhir Juli 2020 atau di pekan ini.

Meski demikian, pihak managemen kartu pra kerja belum bisa memastikan kapan tanggal jelas pelaksanaanya.

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Panji Winanteya Ruky menyebut, untuk tanggal pembukaan pendaftaran kartu pra kerja gelombang IV, akan diumumkan lewat instagram @prakerja.go.id dan juga siaran pers.

Yang pasti komite pra kerja menargetkan daftar onlline kartu prakerja dilakukan akhir Juli 2020. Menurutnya, saat ini pihak manajemen pelaksana Kartu Pra Kerja, masih melakukan pembayaran kepada peserta yang sudah melakukan pelatihan di geolmbang 1, 2 dan 3.

Sementara itu, Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian Susiwijono menuturkan, mengatakan, untuk pendaftaran gelombang 4 ini pemerintah akan memberikan kuota untuk 500 ribu peserta.

Kuota ini lebih besar dibanding gelombang-gelombang sebelumnya yang hanya mencapai 300 ribu peserta saja.

Baca Juga: Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4 Login di www.prakerja.go.id, Insentif 3,5 Juta

Daftar Online Kartu Prakerja Diikuti 11,3 Juta Peserta

Untuk diketahui saja, Sejak dibuka tanggal 11 April 2020, tercatat 11,3 juta masyarakat yang ikut daftar online kartu prakerja secara online dari seluruh nusantara.

Namun, hingga gelombang ke 3, pemerintah baru menerima peserta pra kerja sebanyak 680.000 orang. Lebih lanjut Susiwijono menuturkan, pada pendaftaran kartu pra kerja gelombang 4 ini, pihaknya akan memprioritaskan para pekerja yang terdampak Covid-19.

Mereka adalah yang sudah terdaftar secara by name by addres di Kementerian Tenaga Kerja. Berdasarkan data, saat ini ada sekitar 3 juta pekerja yang dirumahkan karena terdampak Covid-19.

Dari jumlah 3 juta orang tersebut, sebanyak 1,7 juta sudah ada datanya lengkap by name by address, sisanya masih dilakukan verifikasi.  Sebelum membuka daftar online kartu prakerjagelombang 4,pihaknya juga telah berkordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja Provinsi dan BPJS Tenaga Kerja.

Koordinasi ini dilakukan dalam upaya sinkronisasi data pekerja yang terkena PHK akibat Covid-19 di setiap daerah.

Seperti diketahui, program kartu pra kerja terhenti selama 2 bulan. Dulu gelombang 4 pra kerja rencananya akan dimulai selepas Idul Fitri, namun hingga sekarang belum juga dibuka.

Alasannya, pihak manajemen masih menunggu hasil evaluasi kartu prakerja gelombahg 1, 2 dan 3 dari lembaga pengawas dan komite pra kerja.

Cara Daftar Online Kartu Pra Kerja

Sebelum kamu mengikuti daftar online kartu prakerja, ada beberapa syarat utama yang harus kamu penuhi agar lolos pada pendaftaran.

Syarat tersebut yakni peserta harus Warga Negara Indonesia (WNI), tidak sedang menempuh pendidikan formal dan berusia minimal 18 tahun saat mendaftar.

Pendaftaran sendiri dilakukan secara online, bisa lewat PC/laptop atau juga memakai gadget dengan cara login ke www.prakerja.go.id.

Berikut ini akan kita sampaikan langkah-langkah yang tepat agar kamu bisa lolos daftar online kartu prakerja.

Baca Juga: Mau Lolos Daftar Kartu Pra Kerja? Begini Caranya!

1. Buat Akun Kartu Pra Kerja

Sebelum melakukan pendaftaran, kamu mesti memiliki akun prakerja terlebih dahulu . Akun kartu pra kerja bisa dibuat dengan alamat email yang masih berlaku. Berikut langkah-langkah pembuatan akun kartu pra kerja:

– Pertama login ke www.prakerja.go.id

– Klik Daftar Sekarang

– Masukan identitas diri lengkap berdasarkan KTP, masukan juga email beserta passwordnya

– Jika sudah beres, cek email untuk konfirmasi akun

– Apabila konfirmasi akun berhasil, login kembali ke www.prakerja.go.id.

Nah, apabila kamu sudah memiliki akun pra kerja, kamu baru bisa melakukan daftar online kartu prakerja. Berikut langkah-langkahnya:

2. Pendaftaraan Kartu Pra Kerja

– Pertama masuk ke laman www.prakerja.go.id

– Lalu pillih login dan masukan alamat email beserta password

– Isi kolom verifikasi KTP

– Masukan identitas diri sesuai dengan KTP

– Selanjutnya, unggah foto KTP dan Foto selfie (memegang KTP)

– Terakhir yakni verifikasi nomor telepon. Masukan nomor HP/telepon pada kolom yang tersedia lalu tunggu hingga masuk SMS kode OTP. Setelah menerima kode OTP ke sms, masukan kode tersebut ke kolom verifikasi nomor ponsel.

3. Ikuti Tes Kompetensi

Jika sudah berhasil daftar online kartu prakerja, kamu mesti mengikuti ujian atau tes kompetensi keahlian atau kemampuan dasar. Test yang akan diujikan sebanyak 18 soal harus diselesaikan dalam waktu 25 menit.

Jika sudah selesai mengikuti tes dan mengisi soal, tunggu notifikasi atau pemberitahuan apakah anda lolos atau tidak.

4. Ikuti Pelatihan

Peserta yang dinyatakan lolos menjadi penerima kartu pra kerja wajib mengikuti pelatihan. Pelatihan ini mesti diikuti agar insentif kartu pra kerja cair. Insentif kartu pra kerja sendiri totalnya senilai Rp3.550.000.

Rinciannya yakni Rp 1 juta untuk biaya pelatihan, Rp 2,4 juta insentif peserta akan diberikan selama 4 bulan, dan uang Rp 150 ribu untuk 3 kali survei.

Itulah beberapa langkah dan cara daftar online kartu prakerja. Segera persiapkan diri kamu untuk ikut pendaftaran gelombang 4 ya! (Jujang/R8/HR Online)

The post Daftar Online Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Pekan Ini appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/daftar-online-kartu-prakerja/

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.