Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4 Login di www.prakerja.go.id, Insentif 3,5 Juta

Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4 Login di www.prakerja.go.id, Insentif 3,5 Juta

Daftar kartu prakerja gelombang 4 di www.prakerja.go.id. Bagi kamu yang ingin mengikuti program kartu pra kerja, pemerintah akan segera membuka pendaftaran gelombang 4.

Pihak manajement kartu pra kerja menyebut, gelombang IV program andalan Jokowi ini akan dibuka akhir Juli tahun 2020. Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, membenarkan jika kartu pra kerja gelombang 4 akan dibuka akhir Juli ini.

Meski demikian, pihaknya belum bisa memastikan tanggal berapa dimulainya program ini. Pihaknya nanti akan mengumumkan lewat instagram prakerja.go.id atau melalui siaran pers.

Masyarakat yang ingin ikut daftar kartu prakerja bisa bersiap-siap dari sekarang. Pasalnya, pemerintah Indonesia menyiapkan kuota untuk 500 ribu peserta di gelombang ke 4 ini.

Program kartu pra kerja memang cukup fenomenal. Betapa tidak, setiap peserta yang berhasil lolos akan mendapat insentif sebesar Rp 3,5 juta.

Sejak dibuka bulan April 2020 lalu, pendaftar kartu pra kerja sudah mencapai 10 juta orang. Namun, pemerintah baru menerima sekitar 600 ribuan peserta saja dalam 3 gelombang.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Akhir Juli, Berikut Cara Daftarnya!

Daftar Kartu Prakerja Login di www.prakerja.go.id

Sempat tertunda sekitar 2 bulan, kini program pra kerja akan kembali dibuka. Masyarakat yang ingin daftar kartu prakerja bisa login di www.prakerja.go.id.

Meski sudah dibuka, namun pemerintah akan memprioritaskan para pekerja yang terdampak Covid-19 pada pendaftaran gelombang 4 ini.

Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja RI, Bambang Satrio Lelono mengatakan, pihaknya akan memprioritaskan para pekerja yang kena dampak Covid-19.

Menyambut daftar kartu prakerja gelombang 4, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Ketenagakerjaan Provinsi dan BPJS Ketenagakerjaan.

Koordinasi itu dilakukan sebagai upaya sinkronisasi data pekerja yang kena dampak PHK akibat Covid-19 di daerah.

Berdasarkan data, saat ini ada sekitar 3 juta pekerja yang di PHK karena Covid-19. Dari 3 juta orang tersebut, yang datanya sudah sesuai by name by address baru 1,7 juta, sisanya masih dilakukan verifikasi.

Meski demikian, pemerintah juga tidak menutup kesempatan bagi masyarakat lainnya yang ingin ikut daftar kartu prakerjagelombang 4 ini.

Di awal peluncuran program ini, pemerintah bahkan menyebut, program kartu pra kerja akan diberikan kepada 5,6 juta warga. Artinya setiap warga Indonesia yang memenuhi syarat dan kriteria bisa ikut program ini.

Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja

Untuk ikut pendaftaran kartu pra kerja, ada syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu.  Syarat tersebut yakni peserta merupakan warga negara Indonesia (WNI), tidak sedang mengikuti pendidikan formal dan berusia minimal 18 tahun.

Sementara daftar kartu prakerja dilakukan secara online, bisa menggunakan PC/laptop atau juga memakai gadget.

Kamu yang ingin menjadi peserta pra kerja, mesti mengetahui langkah-langkah yang tepat agar dapat lolos menjadi peserta kartu pra kerja.

Seperti yang sudah kita sebut diatas, bagi kamu yang ingin ikut pendaftaran kartu pra kerja mesti login di www.prakerja.go.id. Nah berikut ini kita jelaskan cara mendaftar kartu pra kerja agar berhasil:

1. Buat Akun Kartu Pra Kerja

Sebelum melakukan daftar kartu pra kerja, kamu harus punya akun kartu pra kerja terlebih dulu. Akun pra kerja bisa kamu dibuat menggunakan alamat email. Berikut ini langkah-lagkahnya:

– Pertama masuk ke www.prakerja.go.id

– Kemudian klik Daftar Sekarang

– Lalu masukan identitas diri lengkap sesuai KTP, masukan juga email dan passwordnya

– Apabila sudah selesai, cek email kamu untuk konfirmasi akun

– Jika konfirmasi akun berhasil, masuk lagi ke www.prakerja.go.id.

Jika sudah punya akun, baru kamu bisa ikut daftar kartu prakerja, berikut cara daftarnya.

Baca Juga: Mau Lolos Daftar Kartu Pra Kerja? Begini Caranya!

2. Pendaftaraan Kartu Pra Kerja

– Pastikan dulu kamu sudah memiliki akun pra kerja, lalu masuk ke laman www.prakerja.go.id

– Kemudian pillih login dan masukan alamat email beserta password

– Lalu isi kolom verifikasi KTP

– Langkah selanjutnya yakni masukan identitas diri sesuai dengan KTP

– Selanjutnya, kamu mesti mengunggah foto KTP dan Foto selfie memegang KTP

– Langkah terakhir, yakni verifikasi nomor telepon. Masukan nomor HP/telepon pada kolom yang tersedia lalu tunggu sampai ada SMS kode OTP. Setelah menetima kode OTP, masukan kode tersebut ke kolom verifikasi nomor ponsel.

3. Ikuti Tes Kompetensi

Apabila sudah berhasil daftar kartu prakerja, kamu mesti mengikuti tes kompetensi keahlian atau kemampuan dasar. Ada 18 soal yang mesti kamu jawab dalam waktu 25 menit.

Jika sudah selesai mengisi soal, kamu tinggal menunggu notifikasi atau pemberitahuan apakah kamu lolos atau tidak.

4. Ikuti Pelatihan

Jika kamu sudah dinyatakan lolos, dan berhak menjadi peserta kartu pra kerja, kamu wajib  mengikuti pelatihan. Pelatihan ini mesti kamu ikuti agar insentif kartu pra kerja kamu cair. Total insentif bagi peserta yang lolos yakni senilai Rp3.550.000.

Rinciannya yatu Rp 1 juta untuk biaya pelatihan, Rp 2,4 juta insentif peserta akan diberikan selama 4 bulan (perbulannya Rp 600 ribu), serta uang Rp 150 ribu untuk 3 kali survei kebekerjaan.

Bagaimana, tertarik tidak untuk ikut daftar kartu prakerja. Jika tertarik, segera persiapkan diri kamu dari sekarang juga. Selamat mencoba, semoga berhasil. (Jujang/R8/HR Online)

The post Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4 Login di www.prakerja.go.id, Insentif 3,5 Juta appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/daftar-kartu-prakerja/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service