News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Curug Gumawang Banjaranyar, Wisata Air Terjun Ciamis yang Mempesona

Curug Gumawang Banjaranyar, Wisata Air Terjun Ciamis yang Mempesona

Curug Gumawang Banjaranyar

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Pesona  keindahan alam Ciamis tak pernah ada habisnya. Potensi wisata baru di Ciamis kali ini ialah Curug Gumawang Banjaranyar. Air terjun ini menyajikan pesonanya dengan menawarkan eksotisme tebing batu.

Air terjun Gumawan ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Berada di sekitar hutan rakyat di Desa/Kecamatan Banjaranyar. Sebelumnya, lokasi tersebut dibiarkan begitu saja. Hanya dimanfaatkan warga untuk pengairan persawahan saja.

Namun, setelah melihat lokasi curug sebagai potensi wisata. Warga setempat melakukan penataan menjadi sebuah destinasi wisata baru. Sekaligus mendukung wisata Kampung Madu.

Curug Gumawang Banjaranyar belum lama dibuka untuk umum. Namun antusiasme wisatawan lokal cukup tinggi. Hampir setiap haru curug tersebut ramai dikunjungi. Bahkan kini ramai dengan pedagang makanan ringan di area wisata.

Saat ini curug masih dalam tahap penataan. Wisatawan yang datang belum ditarik tiket masuk atau gratis. Pengunjung hanya membayar untuk parkir kendaraan saja. Untuk menuju lokasi air terjun, pengunjung terlebih dulu harus berjalan kaki sekitar 200 meter.  

Keistimewaan curug ini terletak pada ketinggiannya mencapai 40 meter. Air terjun jatuh diantara tebing batu dan dikelilingi pepohonan. Lokasi ini sangat cocok untuk pecinta photografi dan sangat instagramable.

Dibawah Curug Gumawang Banjaranyar terdapat kubangan di aliran sungai. Lokasi ini bisa dimanfaatkan untuk basah-basangan oleh anak-anak. Namun sayangnya, fasilitas di area obyek wisata ini perlu ditambah. Seperti kamar bilas dan mushala.  

“Baru tahu Curug ini. Saya dari Banjarsari, tahu dari teman jadi kesini ramai-ramai. Sudah lama juga tidak berwisata karena banyak yang ditutup. Suasananya enak, sejuk. Curug nya juga sangat keren, bagus untuk foto-foto,” ujar Indriani, seorang pengunjung, Kamis (16/7/2020).

BPPD Ciamis, Curug Gumawang Banjaranyar Layak Dipromosikan

Sementara itu,  Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Ciamis Endang Haris menyebut Curug ini layak untuk dipromosikan. Ia mengapresiasi langkah warga setempat untuk mengelola. Tinggal perlu melakukan penambahan sarana dan prasarana serta fasilitas penunjang wisata.

“Ini sangat bagus, saya berani mempromosikan curug ini sudah layak menjadi sebuah destinasi wisata. Tinggal ada sentuhan-sentuhan sebagai sarana penunjang. Saya menyarankan warga segera membentuk kelompok sadar wisata. Agar pengelolaannya lebih baik lagi,” tuturnya.

Camat Banjaranyar Dedi Iwa Saputra menuturka, Curug Gumawang Banjaranyar merupakan salah satu destinasi wisata alam. Namun kondisinya saat ini masih baru, sehingga perlu ada pengembangan dan dorongan dari instansi terkait. Ia melihat potensi besar, karena meski baru buka namun pengunjung sudah banyak. dengan adanya curug ini, perekonomian warga meningkat.

“Memang masih butuh pengembangan dan promosi, agar lebih dikenal lagi. Pengunjung tak hanya dari warga lokal tapi juga dari luar daerah, itu harapan ke depan,” kata Dedi. (Fahmi2/R9/HR Online)

The post Curug Gumawang Banjaranyar, Wisata Air Terjun Ciamis yang Mempesona appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/curug-gumawang-banjaranyar/

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.