News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Cara Pasang APAR di Mobil, Lakukan dengan Memilih Jenis yang Sesuai

Cara Pasang APAR di Mobil, Lakukan dengan Memilih Jenis yang Sesuai

Cara Pasang APAR di Mobil, Lakukan dengan Memilih Jenis yang Sesuai

Cara pasang APAR di mobil belum tentu bisa dilakukan oleh semua orang. APAR atau yang biasa disebut dengan alat pemadam api ringan biasa dioperasikan oleh satu orang.

APAR bisa dioperasikan dengan mudah dan dilakukan dengan mengikuti teknik PASS. Adanya APAR di mobil mampu membantu adanya hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran dalam mobil.

Karena fungsinya yang penting, membuat APAR banyak disediakan, baik di rumah, kantor, apalagi kendaraan, terutama mobil. Alat ini banyak dipasang pada mobil karena rentan terhadap kebakaran yang disebabkan oleh kecelakaan.

Selain itu, sering terjadi juga adanya kerusakan pada mesin yang dapat berakibat terjadinya kebakaran. Adanya hal-hal seperti inilah mengapa alat pemadam ringan ini wajib terpasang di dalam mobil.

Baca Juga : Cara Jumper Aki Mobil dengan Langkah yang Tepat dan Aman

Cara pasang APAR di mobil bisa dilakukan sendiri atau minta bantuan orang yang berpengalaman. Alat ini mudah dioperasikan sendiri tanpa bantuan orang lain dalam genggaman dua tangan.

Namun, sebelum mengoperasikan benda ini, sebaiknya ketahui dulu bagaimana cara mengoperasikannya. Sebab, jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan, anda bisa mengantisipasinya segera.

Cara Pasang APAR di Mobil

APAR merupakan alat pemadam api ringan yang bisa ditempatkan di mobil. Alat ini menjadi salah satu komponen yang mampu mencegah terjadinya kebakaran di mobil.

Pemasangan alat pemadam ringan ini biasa diletakkan di dalam kabin mobil. Pemasangan APAR tidak boleh dipasang secara sembarangan.

Ada beberapa lokasi yang paling ideal untuk penyimpanan APAR di mobil. Letak APAR yang ideal berguna membantu memudahkan dalam pengambilan APAR ketika dibutuhkan.

Jangan sampai saat APAR dibutuhkan, pengambilannya sulit ketika akan dilepaskan dari braketnya. Bagi anda yang masih bingung dalam pemasangan APAR, sebaiknya ikuti langkah berikut ini.

Ada beberapa cara pasang APAR di mobil yang bisa membantu anda. Langkah yang bisa dilakukan diantaranya:

Pilih Jenis APAR

Banyak jenis APAR yang bisa dipilih untuk diletakkan pada mobil anda. Beberapa jenis APAR tersebut bisa anda pilih sesuai dengan mobil yang anda miliki.

Baca Juga : Cara Pasang Relay Lampu Mobil dengan 2 Teknik Pilihan 

Namun, rekomendasi APAR yang baik dan paling efektif digunakan pada mobil yaitu APAR powder. Jadi, sebaiknya pilih APAR powder untuk dipasang agar berfungsi lebih efektif.

Pilih Tempat yang Sesuai

Selain pemilihan jenis APAR yang diletakkan pada mobil, pemilihan lokasi penempatan APAR juga perlu dilakukan. APAR digunakan saat terjadi kebakaran, maka sebaiknya letakkan APAR di tempat yang mudah dijangkau.

Selain itu, perhatikan juga kenyamanan dan konsentrasi saat berkendara. Biasanya APAR diletakkan dibawah jok pengemudi karena dirasa lokasi ini sangat tepat.

Pastikan APAR Terikat Kuat pada Dudukannya

Bagian paling penting melakukan cara pasang APAR di mobil yaitu pastikan alat ini terikat kuat pada dudukannya. Sehingga APAR akan aman berada di posisinya dan tidak akan lepas dari posisinya.

Baca Juga : AC Mobil Tidak Dingin Hanya Dikarenakan Tak Rutin Dalam Merawatnya

Sebenarnya cara pasang APAR bisa dilakukan sendiri dengan mudah asalkan anda tahu bagaimana langkah yang benar. Praktekkan langkah ini pada mobil yang anda miliki.

Jenis-Jenis APAR Mobil

Selain memahami cara pasang APAR di mobil, sebaiknya ketahui juga beberapa jenisnya. Sebelum memasang APAR, mengetahui jenisnya terlebih dulu adalah pilihan yang tepat.

Agar anda bisa memilih APAR yang tepat untuk mobil anda, temukan jenisnya yang tepat. Beberapa jenis APAR mobil yang direkomendasikan diantaranya:

APAR Jenis Air

Jenis APAR pertama yang direkomendasikan adalah jenis air. APAR ini menggunakan media air bertekanan tinggi.

APAR jenis yang satu ini merupakan paling ekonomis dan sangat tepat digunakan untuk memadamkan api dari bahan padat non logam. Anda bisa memilih APAR jenis air untuk dimiliki agar mampu membantu memadamkan api kecil secara cepat.

APAR Powder

APAR jenis serbuk kimia atau dry chemical powder ini dihasilkan dari kombinasi tersebut dan bisa selimuti bahan yang terbakar. Akhirnya, oksigen yang adalah unsur penting pemicu kebakaran akan terpisah.

Cara pasang APAR di mobil salah satu hal yang perlu diperhatikan yaitu pemilihan jenis APAR yang sesuai. APAR powder terbuat dari kombinasi monoamonium dan ommonium sulphate. Jenis ini yang banyak dipilih. (R10/HR-Online)

The post Cara Pasang APAR di Mobil, Lakukan dengan Memilih Jenis yang Sesuai appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/cara-pasang-apar-di-mobil/

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.