Cara Mengatasi Sakit Punggung Agar Tidak Kambuh Lagi

Cara mengatasi sakit punggung. Foto: Ilustrasi/Net.

Cara mengatasi sakit punggung yang bisa dilakukan dengan mudah. Meskipun bukan tergolong penyakit berbahaya, namun sakit punggung dapat mengganggu aktivitas.

Sakit punggung bisa disebabkan oleh beberapa hal, bisa akibat sering bepergian, duduk terlalu lama, cedera ketika olahraga, dan lainnya.

Gangguan nyeri di punggung biasanya ditandai dengan rasa tidak nyaman atau sakit pada tulang punggung.

Dilansir dari laman resmi Kemenkes RI, bahwa rata-rata penyebab nyeri punggung yang dikeluhkan adalah akibat terjadinya peradangan atau inflamasi. Kondisi itu kerap ditemui pada orang yang berusia 25-45 tahun.

Seperti yang dijelaskan ahli rematik dari University of Tennessee Health Science Center di Memphis, Amerika, Mohamad Bittar. Menurutnya, cara mengatasi sakit punggung bisa dilakukan dengan pengobatan.

Dokter biasanya akan meresepkan obat NSAID (antiinflamasi nonsteroid). Namun, untuk menghindari terjadinya komplikasi serius, ketaatan pasien sangat penting dalam terapi medis.

Mohamad Bittar juga menyebut, komplikasi sakit punggung dapat mengakibatkan patah tulang, atau kelainan bentuk di bagian tulang belakang. Sakit punggung juga bisa mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Selain dengan pengobatan, bagi orang yang merasakan sakit punggung juga harus mengatur aktivitasnya sehari-hari. Agar tidak kambuh lagi, berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya.

9 Cara Mengatasi Sakit Punggung

Pijat dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa selain memiliki khasiat untuk kecantikan, juga bermanfaat bagi kesehatan. Untuk mengatasi sakit pungung, minyak kelapa dicampurkan dengan kapur barus. Didihkan campuran tersebut selama 5 menit.

Setelah itu, dinginkan dan simpan di dalam botol. Untuk menghilangkan rasa nyeri, pijat punggung yang sakit dua kali dalam satu minggu sebelum tidur.

Berendam Pakai Air Hangat

Cara mengatasi sakit punggung selanjutnya yaitu dengan berendam memakai air hangat. Tuangkan air yang hangat serta tambahkan minyak kayu putih beberapa tetes saja ke dalam bak mandi. Lalu, berendamlah.

Mandi menggunakan air hangat akan membantu kamu menghilangkan nyeri unggung dan sakit tubuh. Tak hanya itu, dengan metode ini bisa membuat kamu merasa terbebas dari stres.

Minum Segelas Susu dengan Kunyit

Minum segelas susu hangat ditambah sejumput kunyit serta beberapa tetes madu. Jika perawatan ini dilakukan secara teratur, maka khasiatnya tak hanya bisa menghilangkan rasa sakit di punggung, tapi juga menyembuhkan pilek dan batuk.

Teh dan Jahe

Cara mengatasi sakit punggung juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi teh dicampur jahe. Minuman ini dapat membantu meringankan sakit punggung yang kamu derita.

Latihan Pernapasan Dalam

Guna meningkatkan kesehatan paru-paru, bernapas dalam-dalam mampu mengurangi terjadinya peradangan pada sendi yang menjadi biangnya nyeri punggung.

Dalam beberapa kondisi, jika sakit punggungnya sudah parah, pasien akan disarankan untuk latihan pernapasan dengan mengambil napas dalam-dalam.

Baca Juga : Tulang Belakang Sakit atau Nyeri? Redakan dengan Makanan Ini!

Mengangkat Barang Secara Benar

Mengangkat beban yang berat-berat, misalnya menggeser barang-barang dan perabot. Atau membawa keranjang belanjaan yang bebannya berat akan memperburuk sakit punggung.

Jika biasanya mengangkat beban yang berat secara sembarangan, maka bagi mereka yang merasakan sakit punggung harus mulai memperhatikannya.

Pilih Kasur yang Tepat

Cara mengatasi sakit punggung, kamu harus memilih kasur yang tepat. Meskipun ini tidak akan menyembuhkan rasa nyeri punggung. Tetapi setidaknya bisa membantu dalam mempertahankan postur tubuh yang baik ketika beristirahat.

Dalam hal ini, pemilik sakit punggung disarankan untuk tidur di atas kasur yang tidak terlalu lembut, dan juga tidak terlalu keras.

Penderita sakit punggung juga direkomendasikan agar tidur dengan posisi tengkurap selama 30 menit saja untuk redakan rasa nyerinya.

Selain itu, penting juga menjaga pola tidur, yaitu dengan memiliki cukup waktu untuk istirahat. Sehingga, kualitas kesehatan tubuh dapat membaik secara keseluruhan.

Hati-hati saat Mengemudi

Jika kamu merasakan sakit punggung, disarankan untuk menghindari gerakan yang tiba-tiba pada tulang belakang atau leher ketika mengemudi.

Karena, gerakan yang secara tiba-tiba itu bisa menyebabkan masalah yang serius. Hindari pula mengemudi ataupun duduk yang terlalu lama. Kondisi ini bisa memicu persendian menjadi kaku, dan terasa tidak nyaman pada tulang punggung.

Atur Posisi Duduk saat Kerja

Mengatur posisi duduk ketika bekerja juga menjadi salah satu cara mengatasi sakit punggung. Jika kamu sedang menderita sakit punggung, pilihlah kursi dan meja yang pas.

Hal itu untuk mempertahankan kondisi postur tubuh serta mencegah sakit punggung. Karena, posisi meja yang terlalu tinggi, atau kursinya yang tidak nyaman akan memperparah rasa sakit punggung. (Eva/R3/HR-Online)

The post Cara Mengatasi Sakit Punggung Agar Tidak Kambuh Lagi appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/cara-mengatasi-sakit-punggung-agar-tidak-kambuh-lagi/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service