Cara Membuat Knalpot Ngebas Halus dengan Tepat

Cara Membuat Knalpot Ngebas Halus dengan Tepat

Cara membuat knalpot ngebas nyaring ternyata tidak sulit. Knalpot bawaan motor pada umumnya memiliki suara yang halus. Agar knalpot memberikan suara yang halus, maka di dalamnya terdapat sekat peredam suara.

Sekat yang berada pada silencer knalpot ini menimbulkan efek balik pada mesin. Meski tidak terlalu bisa dirasakan, namun perlu diperhatikan lebih teliti.

Ada juga suara knalpot yang suaranya keras sehingga membuat gendang telinga terganggu. Pada umumnya knalpot dengan suara keras tidak diperbolehkan.

Sebab, bisa mengganggu beberapa orang yang berada di sekitarnya. Agar hal ini tidak terjadi, maka ada beberapa cara membuat knalpot ngebas halus.

Tidak jarang saat ini knalpot standar diganti dengan knalpot yang bermacam-macam. Salah satunya menggantinya dengan knalpot aftersales atau biasa dikenal dengan sebutan knalpot racing.

Baca juga: Penyebab Suara Ledakan pada Knalpot Motor

Namun, jika anda ingin mengganti knalpot standar menjadi racing, perlu pemilihan yang tepat. Sebab, knalpot racing ada yang berisik dan ngebas halus.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh suara knalpot ngebas. Meski ngebas, namun suaranya akan tetap halus dan tidak mengganggu orang di sekitar.

Cara Membuat Knalpot Ngebas

Suara ngebas knlpot dapat dipengaruhi oleh rongga suara. Jika rongga suara panjang, maka suara yang dihasilkan akan lebih ngebas.

Namun, jika rongga suara dibuat panjang tetapi tidak ngebas justru suaranya berisik, berarti RPM suaranya bermasalah. Selain membesarkan rongga suara, sebaiknya anda juga perlu meredam suara knalpot.

Sebenarnya knalpot bawaan atau racing bisa dimodifikasi untuk menghasilkan suara yang ngebas. Ada beberapa cara membuat knalpot ngebas dan tidak mengganggu orang di sekitar anda. Diantaranya:

Persiapkan Alat dan Bahan

Saat anda ingin membuat knalpot terdengar ngebas, maka persiapkan alat dan bahannya. Alat yang digunakan cukup mudah, jika menggunakan knalpot racing, hanya membutuhkan beberapa kunci saja.

Kunci berfungsi untuk membuka silencer knalpot dimana biasanya kunci L yang digunakan. Sedangkan pada knalpot standar akan lebih sulit karena sudah dibuat paten.

Agar anda bisa merubahnya, bawa saja ke tempat bengkel las untuk membuka bagian belakang silencernya. Bahan yang dibutuhkan hanya berupa pipa besi, plat jaringan, dan busa peredam.

Buka Silencer Knalpot

Cara membuat knalpot ngebas berikutnya yaitu dengan membuka silencer knalpot. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melakukan hal ini.

Baca juga: Jenis Busi Motor Bervariasi Lengkap dengan Fungsinya

Pertama, bisa dilakukan secara manual menggunakan kunci jika silencer knalpot terpasang skrup. Namun, pada knalpot standar, anda perlu membuka bagian belakang silencer dengan cara menggergajinya hingga bagian di dalamnya terlihat.

Lepas Komponen di Dalam Silencer

Di dalam silencer knalpot biasanya terdapat busa peredam, pipa, dan beberapa plat penyekat. Semua komponen tersebut berada di dalam silencer knalpot dan harus dikeluarkan. Sisakan saja selongsong silencer yang kosong saja.

Isi Silencer Knalpot

Langkah selanjutnya agar knalpot ngebas adalah mengisi bagian silencer knalpot yang dibongkar tadi. Isi silencer knalpot dengan bahan yang sudah disiapkan sejak awal. Siapkan 2 buah pipa, panjang dan pendek.

Pipa pertama dengan panjang 1/2 dari panjang silencer. Sedangkan pipa kedua memiliki panjang 1/4 dari panjang silencer. Dalam cara membuat knalpot ngebas, pasang pipa pertama dan usahakan pipa tersebut lebih besar dibanding pipa bawaan.

Sebab pipa ini akan dijadikan tempat keluar gas sisa pembuangan agar lebih lancar. Pasang pipa pertama di bagian tengah silencer hingga menyentuh ujung leher knalpot. Sedangkan pada bagian sisi pipa, sisipkan banyak busa.

Busa inilah yang berfungsi meredam dan dijadikan sebagai penyangga agar bisa berada di tengah. Penuhi rongga silencer dengan busa agar tidak menimbulkan suara yang bising.

Langkah selanjutnya jika silencer sudah penuh kemudian pasang plat jaring dengan arah memutar. Sehingga pipa jaring ini dibentuk seperti pipa, dengan catatan diameternya lebih besar dari pipa yang terpasang di bawah.

Cara lain menjadikan knalpot terdengar ngebas yaitu dengan menggunakan tutup knalpot. Pastikan anda tidak menutup semua knalpot, sisakan satu lubang pada knalpot.

Hal ini bertujuan agar knalpot bisa membuang kotoran dari dalam dan keluar melalui lubang tersebut. Sebenarnya cara membuat knalpot ngebas beragam, semua perlu dilakukan dengan teliti. Hal ini bertujuan agar suara knalpot tidak mengganggu orang lain. (R10/HR-Online)

The post Cara Membuat Knalpot Ngebas Halus dengan Tepat appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/cara-membuat-knalpot-ngebas/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service