News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bagaimana Prosesor Berpikir, Berikut Cara Kerjanya

Bagaimana Prosesor Berpikir, Berikut Cara Kerjanya

Bagaimana Prosesor Berpikir

Bagaimana Prosesor berpikir dan mengerjakan berbagai perintah yang diberikan penggunanya?.  Bagaimana Prosesor ini mungkin menjadi pertanyaan yang ada di benak banyak orang.

Karena semakin canggih sebuah teknologi, khususnya komputer ataupun smartphone tidak terlepas dari satu bagian ini.

Sebagai bagian inti, Prosesor mengerjakan perintah merupakan kunci perangkat dan sistem berjalan dengan lancar.

Secara sederhana, ketika pengguna memberikan perintah, misalkan menekan huruf ABCDE, maka perintah itu akan dikirimkan ke Prosesor dan akan dihitung.

Selanjutnya, Prosesor akan meneruskannya ke bagian grafis atau vga untuk menampilkan huruf yang di ketik tersebut dalam layar.

Itu secara sederhana. Lengkapnya semua perangkat hardware input dan software yang digunakan berisi program berupa perintah yang ketika digunakan harus dipikirkan komputer.

Baca juga: Teknologi Prosesor Intel Core i3 Vs Core i5

Bagaimana Prosesor Berpikir untuk Bekerja

Pada prinsipnya Prosesor baik yang ada pada komputer atau pada smartphone seperti android menggunakan konsep perhitungan dan perbandingan.

Prosesor menghitung tidak hanya pada saat kita menggunakan aplikasi kalkulator, excel atau apalikasi perhitungan lainnya.

Tetapi hampir semua perintah yang diterima diselesaikan dengan cara menghitung atau dengan membandingkan.

Hal yang dihitung bukanlah angka, meskipun cara menghitungnya sama seperti penjumlahan, perkalian, pembagian, perbandingan dengan logika AND OR, XOR, NAND.

Tetapi yang dihitung oleh inti komputer adalah sinyal listrik, yaitu kondisi ketika ada sinyal listrik masuk atau tidak ada sinyal listrik.

Kondisi ketika ada sinyal listrik digambarkan dengan angka 1 atau true, sementara ketika tidak ada digambarkan dengan 0 atau false.

Jika diibaratkan, sama seperti saat kita menghidupkan atau mematikan lampu, ketika menyala berarti angka 1 dan ketika mati berarti nol.

Begitupun cara kerja bagaimana Prosesor berpikir. Seperti layaknya saklar hanya jumlahnya sangat banyak bahkan mencapai miliaran, karena itu dapat mengerjakan banyak sekali perintah.

Saklar pada Prosesor biasa disebut transistor, yaitu berupa bahan kimia yang bersifat semi konduktor yang dapat mengehentikan dan mengalirkan sinyal listrik.

Contoh pada Prosesor Intel Core i7 10-core Broadwell-E terdapat 3,2 milyar transistor atau saklar yang dapat bekerja secara bersamaan.

Jadi, sebanyak apapun program atau perintah yang diberikan, akan berakhir pada angka 0 dan 1 dengan jumlah yang sangat banyak sebelum sinyal itu diteruskan ke perangkat output seperti layar, lampu sound dan sebagainya.

Baca juga: Prosesor AMD Dikabarkan Bisa Dieksploitasi, Perusahaan Membantah

Komponen Utama Pada Inti Komputer

Sekaran kita telah mengetahui bagaimana Prosesor berpikir, selanjutnya komponen apa saja yang digunakannya untuk berpikir.

Terdapat dua komponen utama dalam inti dari sistem yang bekerja sesuai fungsinya, pertama adalah unit kontrol, kedua unit aritmatika atau unit logika.

Unit kontrol berfungsi sebagai pengatur atau manajer yang mengelola data berupa kumpulan sinyal listrik tadi sebelum disalurkan ke unit aritmatika.

Data yang berasal dari memori ram atau hardisk akan diterima oleh unit kontrol, kemudian diarahkan ke bagian aritmatika yang sesuai.

Setelah unit aritmatika selesai menghitung, unit kontrol akan menulisnya dan meneruskannya kembali ke RAM atau hardisk.

Selanjutnya komponen kedua yang disebut unit aritmatika, komponen ini berfungsi untuk menghitung atau melakukan kerja yang paling penting.

Transistor atau saklar yang kita bahas tadi, yaitu dengan menyusun milyaran saklar supaya sinyal mengarah dan menjadi data yang tepat sebelum ditulis kembali oleh control unit.

Itulah cara bagaimana Prosesor berpikir dan mengerjakan perintah yang diterimanya, semakin banyak transistor pada Prosesor maka semakin baik pula kerjanya. (Muhafid/R6/HR-Online)

The post Bagaimana Prosesor Berpikir, Berikut Cara Kerjanya appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/bagaimana-prosesor-berpikir/

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.