Asteroid 2020ND Dekati Bumi, Berukuran Besar dan Berpotensi Bahaya

Asteroid 2020ND Dekati Bumi

Asteroid 2020ND dekati Bumi dengan potensi yang berbahaya. Kedatangan asteroid 2020ND telah diprediksi oleh pihak NASA, bahkan NASA juga telah mengeluarkan peringatan. Seperti yang diketahui bahwa asteroid merupakan batu raksasa yang berada di tata surya.

Kebanyakan batu raksasa ini bisa ditemukan di sabuk asteroid Mars dan juga Jupiter. Selain itu, di beberapa orbit planet lain juga terdapat asteroid. Berdasarkan data yang dihimpun oleh NASA, kurang lebih ada 1 juta asteroid yang dikenal.

Sehingga sudah tak asing lagi jika banyak asteroid yang akan melewati Bumi. Entah itu membawa potensi bahaya atau tidak. Bahkan bukan hal asing lagi jika mendengar asteroid akan menabrak Bumi.

Baca Juga: Asteroid 1997 BQ Dekati Bumi Menjelang Idul Fitri 1441 H

Asteroid 2020ND Dekati Bumi Membawa Potensi Bahaya

Sebelumnya Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA telah mendata kedatangan asteroid 2020ND. Dimana pendekatan pertama asteroid 2020ND terjadi pada 17 Juli 1945 lalu. Kemudian diprediksi mendekati Bumi untuk kedua kalinya pada 24 Juli 2020.

NASA juga memprediksi pendekatan ini terjadi untuk beberapa kali di masa yang akan datang. Pihak NASA mencatat bahwa asteroid ini akan melakukan penyeberangan di Bumi pada 2035, 2074, hingga 2145. Meskipun begitu, asteroid 2020ND dekati Bumi bukanlah target utama.

NASA menunjukkan beberapa asteroid lain yang juga memiliki pendekatan pada Bumi. Diantaranya adalah 243 Ida, 253 Mathilde, 433 Eros, dan 4 Vesta, bahkan 10199 Chariklo. Beberapa asteroid tersebut memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Asteroid 2020ND diklasifikasikan sebagai objek yang dekat dengan Bumi. Objek ini disebut sebagai Near of Earth Object atau NEO dimana potensi yang dimiliki yaitu berbahaya. Pihak NASA juga memberikan konfirmasi bahwa asteroid 2020ND masuk dalam kategori PHA.

Dilansir dari Indian Express, NASA mengungkapkan bahwa potensi bahaya tersebut didasarkan pada pengukuran parameter. Dikatakan pula jika asteroid memiliki jarak persimpangan orbit minimum sama atau kurang dari 0,05 au, maka dianggap PHA.

Peringatan telah dikeluarkan oleh NASA sebab asteroid 2020ND memiliki ukuran yang besar. Panjang yang dimiliki sekitar 170 meter dan kecepatan 48.00 kilometer per jam. Sedangkan jaraknya dari planet Bumi adalah 0,034 unit astronomi atau 5.086.328 kilometer.

Asteroid 2020ND dekati Bumi ini memiliki jarak dekat yang bersifat relatif. Selain mengeluarkan peringatan, NASA juga menjadikan hal ini sebagai kesempatan. Jarak asteroid 2020ND yang begitu dekat dapat digunakan sebagai objek untuk dipelajari. Sehingga pihak NASA bisa meneliti lebih lanjut tentang asteroid ini.

Peringatan yang diberikan oleh NASA ditujukan agar tidak ada hal buruk mengenai potensi bahaya. Sebenarnya tidak hanya asteroid 2020ND saja, melainkan ada banyak asteroid yang sebelumnya mendekati Bumi. Meskipun tidak berpotensi bahaya, namun memiliki jarak yang dekat dengan Bumi.

Baca Juga: Fakta Asteroid Raksasa 1998 OR2 yang Akan Melintasi Bumi Saat Bulan Ramadhan

Studi Objek Asteroid 2020ND Dekati Bumi

Objek asteroid 2020ND dan sejenisnya dikategorikan sebagai NEO oleh NASA. Objek yang akan mendekati atau sudah dekat dengan Bumi bisa memiliki pergerakan lain. Sehingga memunculkan berbagai prediksi termasuk potensi bahaya, sebab objek NEO dapat menyenggol Bumi.

Tidak hanya Bumi saja, apabila berdekatan dengan planet lain, maka kemungkinan akan terjadi pada planet tersebut. Hal ini disebabkan karena adanya gravitasi tarik-menarik yang menyebabkan terjadinya pendekatan. Begitulah yang terjadi pada asteroid 2020ND dekati Bumi.

Meskipun asteroid 2020ND masuk dalam kategori PHA, namun belum tentu akan berdampak pada Bumi. Peringatan yang dikeluarkan oleh NASA hanya bersifat kemungkinan. Pemantauan pada objek yang berpotensi bahaya akan selalu dilaksanakan.

Sehingga akan muncul pengamatan baru yang lebih akurat. Alhasil, perkembangan orbit objek yang diamati bisa terus dianalisa. Begitupun dengan ancaman yang diberikan oleh objek PHA seperti asteroid 2020ND.

Studi perihal tingkat ancaman juga dilakukan oleh NASA. Tercatat ada 30 asteroid kecil yang menghantam Bumi, namun tidak menyebabkan kerusakan besar.

Bahkan hantaman tersebut terjadi setiap tahunnya. Namun tidak memberikan dampak yang besar pada struktur tanah. Justru asteroid dengan ukuran 30 meter atau lebih besar bisa memberikan dampak yang signifikan.

Namun untuk asteroid 2020ND masih bersifat kemungkinan. Jaraknya pun mencapai 5 juta kilometer dari Bumi. Asteroid ini nantinya akan menyeberangi Bumi sesuai dengan orbitnya.

Selain asteroid 2020ND dekati Bumi, ada beberapa asteroid lainnya yang akan menyapa Bumi. Diantaranya adalah mx3, PY7 2018, dan 2007 RF1.

The post Asteroid 2020ND Dekati Bumi, Berukuran Besar dan Berpotensi Bahaya appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/asteroid-2020nd-dekati-bumi/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service