Alhamdulillah, Dalam 2 Hari 5 Orang Pasien Covid-19 di Ciamis Sembuh

Alhamdulillah, Dalam 2 Hari 5 Orang Pasien Covid-19 di Ciamis Sembuh

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Kasus Covid-19 di Ciamis memang lumayan banyak. Hingga saat ini, tercatat 18 orang dinyatakan positif.

Namun dari 18 pasien yang positif, 15 diantaranya dinyatakan sudah sembuh, 1 orang meninggal dan sisanya 2 oang lagi yang masih positif dan diisolasi.

Dalam satu minggu ini, tak ada lagi penambahan kasus Covid-19 di Ciamis. Bahkan dalam 2 hari terakhir, lima pasien Covid-19 di Ciamis dinyatakan sembuh.

Beberapa waktu lalu status level kewaspadaan Ciamis turun dari zona biru ke zona kuning, setelah dilakukan test masif. Namun sejak seminggu ini kasus COVID-19 membaik, cenderung datar tidak ada penambahan.

Bayu Yudiawan Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Ciamis mengatakan, setelah ada test masif beberapa waktu lalu, kasus Covid-19 di Ciamis meningkat.

Ciamis yang tadinya sudah zona biru, kembali menjadi zona merah karena penambahan kasus Covid-19 yang signifikan.

“Namun dalam seminggu ini laju pertumbuhan Covid-19 di Ciamis datar dan membaik. Hanya saja kita belum bisa menyimpulkan, karena belum menemukan titik puncak kasus,” ujar Bayu, Kamis (16/7/2020).

Meski ada penambahan kasus lanjut Bayu, namun angka kesembuhan pasien Covid-19 di Ciamis juga cepat.

Hal tersebut lantaran adanya definisi operasional penanggulangan COVID-19 terbaru dari WHO. Saat ini sudah ada revisi ke 5 dan SK Kemenkes pun sudah dikeluarkan.

“Saat ini pasien Covid-19 dinyatakan sembuh cukup dengan satu kali swab test, beda dengan sebelumnya, harus 2 kali negatif baru dikatakan sembuh. Selain itu, sekarang hasil test lebih cepat,” katanya.

Istilah Baru Covid-19

Saat ini lanjut Bayu, Pemkab Ciamis telah menggunakan istilah-istulah baru tentang Covid-19 sesuai aturan yang ada, seperti suspek, kasus probable, sampai asimptomatik atau kasus konfirmasi tanpa gejala.

“Sekarang istilah ODP, PDP dan OTG, tidak ada lagi istilah itu. Sekarang justru dikembalikan ke bahasa epidemiologi seperti kasus lain. Kita pun bakal ikuti yang baru, untuk angkanya sekarang masih dalam proses,” ucapnya.

Lebih lanjut Bayu mengimbau kepada masyarakat Ciamis, agar tetap menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Seperti pakai masker, jagar jarak dan mencuci tangan. Ini agar level kewaspadaan Covid-19 di Ciamis kembali lagi, dari zona kuning menjadi zona biru bahkan hijau. (Fahmi2/R8/HR Online)

The post Alhamdulillah, Dalam 2 Hari 5 Orang Pasien Covid-19 di Ciamis Sembuh appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/alhamdulillah-dalam-2-hari-5-orang-pasien-covid-19-di-ciamis-sembuh/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service