AC Mobil Tidak Dingin Hanya Dikarenakan Tak Rutin Dalam Merawatnya

AC Mobil tidak Dingin Hanya Dikarenakan tidak Rutin Dalam Merawatnya

AC mobil tidak dingin bisa disebabkan karena beberapa faktor. AC atau pendingin udara sudah menjadi fitur lengkap yang ada pada kendaraan roda empat modern.

AC mobil sangat berguna bagi sebagian besar orang yang berada di area perkotaan seperti Jakarta. Tanpa AC, di dalam mobil akan terasa gerah, kepanasan, apalagi saat berada dalam perjalanan jauh.

Baca Juga : Cara Jumper Aki Mobil dengan Langkah yang Tepat dan Aman

Menikmati perjalanan akan terasa nyaman dengan tambahan fitur AC pada mobil. Udara dinginnya yang bisa dirasakan saat berada di kemacetan akan menghilangkan rasa penat sejenak.

Namun, terkadang muncul masalah AC mobil tak dingin. Hal ini akan membuat anda semakin susah saat berada dalam kendaraan.

Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya atasi sebelum terlambat. Anda bisa mengatasinya dengan sering membersihkan kabin secara rutin. Jika perlu, periksa AC pada mobil anda.

Sumber Masalah AC Mobil Tidak Dingin

AC mobil tidak berfungsi sempurna sering dialami sebagian besar orang. AC mobil yang mudah rusak atau kurang berfungsi salah satunya karena tak rajin dalam membersihkan kabin mobil.

Namun, jika AC mobil tak terasa dingin tak selalu dikarenakan masalah pada freon. Bagi anda yang belum paham akan AC mobil, sebaiknya ketahui dulu penyebabnya.

Baca Juga : Penyebab Remote Mobil Tidak Berfungsi, Bisa Karena Baterainya Lemah

Jika sebabnya sudah diketahui, giliran anda mengatasinya dengan tepat. Di bawah ini ada beberapa alasan mengapa AC mobil tidak dingin.

Freon Habis atau Kurang

Penyebab pertama AC tidak terasa dingin bisa dipengaruhi karena freon habis atau kurang. Hal ini umumnya terjadi karena terjadi kebocoran freon. Kebocoran ini bisa terjadi pada sambungan pipa, saft, dan relief valve pada kompresor.

Fanbelt/Drivebelt Putus

Penyebab berikutnya bisa dikarenakan fanbelt/drivebelt putus. Fanbelt memiliki fungsi untuk menyalurkan putaran mesin pada kompresor. Sehingga jika fanbelt putus, kompresornya pun tidak akan berputar.

Selanjutnya akan berpengaruh pada freon. Kompresor tidak menyala menyebabkan freon tidak dapat bersirkulasi, kabin mobil pun juga akan terasa panas.

Kondensor Kotor

Kondensor yang berkarat dan tidak bekerja perlu dilakukan pemeriksaan. Jika komponen ini berkarat atau kotor, maka kondensor tidak berfungsi secara sempurna.

Padahal kondensor berfungsi membuang panas dari gas bertekanan tinggi yang dilepas kompresor. Jika hal ini tidak berfungsi, AC mobil tidak dingin.

Motor Extra Fan Mati atau Lemah

Selain beberapa masalah di atas, AC tidak dingin juga bisa disebabkan oleh ekstra fannya. Jika komponen ini bermasalah, akan berakibat proses kondensasi dalam kondensator tidak berfungsi sempurna.

Hal ini mampu menimbulkan tidak adanya udara dingin yang masuk dalam kabin. Komponen yang satu ini bisa terjadi, entah karena mati atau lemah.

Sehingga hembusan angin yang dihasilkan terlalu kecil. Jika hal ini terjadi pada AC mobil anda, maka harus dilakukan penggantian dengan yang baru.

Evaparator Kotor

Debu merupakan musuh terbesar dari evaparator pada AC. Debu mampu membuat komponen pada AC mobil ini menjadi kotor. Sehingga AC mobil tidak dingin yang diakibatkan sirkulasi udara di dalamnya tidak lancar.

Apalagi jika debu atau kotoran yang ada di dalam tidak bisa tersaring oleh filter, akan berakibat lebih parah. Jika evaporator AC mobil anda kotor atau bermasalah, sebaiknya segera bersihkan agar AC bisa kembali dingin.

Cara Memperbaiki AC Mobil Tidak Dingin

Jika anda sudah mengetahui apa saja penyebab AC mobil tidak berfungsi, kini giliran cara mengatasinya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek AC mobil agar dingin saat dinyalakan.

Baca Juga : Tips Membeli Mobil Bekas dengan 5 Cara Ampuh dan Efisien

Jika hal ini terjadi pada AC mobil anda, maka cara yang bisa dilakukan adalah membawanya ke bengkel mobil. Sebab, AC mobil masuk dalam perangkat yang tertanam di bagian dalam mobil.

Sehingga pembongkaran yang dilakukan harus membuka komponen-komponen yang bersangkutan. Jika tidak ditangani oleh tenaga profesional, ditakutkan akan berakibat buruk pada AC mobil anda.

Sebenarnya kerusakan AC mobil akan terjadi jika mobil tidak sering dirawat secara rutin. Sebaiknya mobil dirawat secara rutin, baik untuk bagian interior, eksterior, hingga komponen yang ada di bagian mobil.

Sebaiknya lakukan pengecekan pada AC mobil kurang lebih 3-6 bulan sekali. Jika anda kurang paham, bisa minta bantuan jasa service mobil. Jangan biarkan AC mobil tidak dingin, baru anda lakukan pengecekan. (R10/HR-Online)

The post AC Mobil Tidak Dingin Hanya Dikarenakan Tak Rutin Dalam Merawatnya appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/ac-mobil-tidak-dingin/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service