6000 KK di Banjar Belum Punya Jamban, Ini yang Dilakukan Pemkot

6000 KK di Banjar Belum Punya Jamban, Ini yang Dilakukan Pemkot

Berita Banjar (harapanrakyat.com).- Sebanyak 6000 KK (kepala keluarga) di Kota Banjar, Jawa Barat, saat ini belum punya jamban sendiri.

Warga yang belum memiliki jamban, kemungkinan masih melakukan aktivitas BAB sembarangan.

Agar Banjar terbebas dari Open Defecation Free (ODF) atau BAB sembarangan, Dinas Kesehatan Banjar melaksanakan progam Gemas (Gerakan Masyarakat).

Gerakan tersebut dilakuan Dinkes dengan menggandeng BRI dan Baznas Kota Banjar.

“Program Gemas ini kita laksanakan dalam rangka percepatan agar Kota Banjar menjadi kota yang sehat dan terbebas dari ODF,” ujar Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan Dinkes Kota Banjar, Rusyono SK,MM, Kamis (16/7/2020).

Kata dia, pihaknya sengaja menggandeng pihak lain seperti BRI dan Baznas, karena untuk pelaksanaan program Gemas, anggaran dari pemerintah sangat terbatas.

Sementara kebutuhan untuk masyarakat Banjar itu masih banyak yang belum terpenuhi, kurang lebih ada 6000 KK di Banjar belum punya jamban sendiri.

“Kita cacangkan GEMAS dengan melibatkan dunia usaha, BRI dan Baznas, alhamdulillah semuanya merespon, dan ikut membantu dalam proses berjalanya program ini,” jelas Rusyono.

Selama program ini berjalan, sudah dibangun 100 jamban untuk masyarakat darii BRI dan Baznas.

“Alhamdulillah sudah berjalan dari tahun 2019 sampai sekarang walaupun sempat terkendala COVID-19 namun sekarang sudah mau mulai berjalan lagi,” katanya.

Rusyono berharap program ini bisa membantu pemerintah agar Kota Banjar menjadi kota yang sehat, karena salah satu indikator kota sehat  yaitu masyarakatnya 100 persen bebas ODF. (Aji/R8/HR Online)

The post 6000 KK di Banjar Belum Punya Jamban, Ini yang Dilakukan Pemkot appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/6000-kk-di-banjar-belum-punya-jamban-ini-yang-dilakukan-pemkot/
Langganan Software

© 2020 Jasa Whatsapp Blast | Rajatheme.com - Google Ads Service