6 Anak Jalanan di Ciamis Diciduk Satpol PP

anak jalanan di ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Enam orang anak jalanan di Ciamis diciduk petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Keenam orang anak jalanan (Anjal) tersebut diamankan petugas saat tengah nongkrong di seputar Kota Ciamis, Selasa (21/7/2020).

Kasi Ops Satpol PP Kabupaten Ciamis, Yudi Hendriana, mengatakan, anjal yang tengah berkeliaran di seputar kota Ciamis dianggap meresahkan masyarakat. Karena itu petugas pun membawanya ke Kantor Satpol PP untuk diamankan.

“Sebelumnya ada laporan dari warga masyarakat, ada beberapa anak jalanan di sejumlah tempat. Keberadaan mereka mengganggu ketertiban dan meresahkan,” katanya.

Setelah mendapat laporan dari warga, lanjut Yudi, sejumlah petugas Satpol PP menindaklanjuti dengan mengunjungi tempat-tempat yang diduga menjadi lokasi nongkrong para anak jalanan tersebut.

“Ada yang sedang tiduran di Alun-alun Ciamis, warga yang ada di Alun-alun merasa terganggu dengan keberadaan mereka,” terangnya.

Keenam anak jalanan selanjutnya dibawa ke Mako Satpol PP. Mereka kemudian didata dan dibina. Namun dari beberapa anak jalanan yang diamankan hari ini, terdapat anak jalanan yang sudah sering diamankan oleh petugas Satpol PP.

“Ada yang beberapa kali diamankan, kami sudah panggil orang tuanya agar yang bersangkutan dijemput. Orang tua juga harus menjaga anaknya di rumah,” terangnya.

Operasi pembersihan daerah Kota Ciamis dari anak jalanan tersebut, menurut Yudi, bertujuan untuk mencegah menyebarnya perilaku mereka ke anak-anak sekolah lainnya, terutama anak sekolah yang ada di Kabupaten Ciamis.

“Operasi ini sengaja kami lakukan agar mereka tidak merekrut anggota baru dari kalangan pelajar. Apalagi kita tahu saat ini tidak ada aktifitas belajar di sekolah. Sehingga para pelajar itu rentan dibujuk agar bergabung dengan anak-anak jalanan ini,” terangnya.

Selain mengamankan anak jalanan dari Alun-alun, para petugas Satpol PP juga menyisir lokasi lampu-lampu lalu lintas yang kerap dipakai sebagai tempat ngamen para anak jalanan.

“Para anak jalanan yang sudah kami amankan, saat ini tengah kami berikan pembinaan di Mako Satpol PP Ciamis,” tandasnya. (R7/HR-Online)

The post 6 Anak Jalanan di Ciamis Diciduk Satpol PP appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/6-anak-jalanan-di-ciamis-diciduk-satpol-pp/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service