3 Petugas Bawaslu Pangandaran Positif Corona Usai Tes Swab Massal

Petugas Bawaslu Pangandaran Positif Corona

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Tiga orang petugas Bawaslu Pangandaran positif Corona. Dua orang petugas Bawaslu yang positif Corona bertugas sebagai petugas pengawas di tingkat desa, sementara 1 orang lagi merupakan staf Panwas Kecamatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, Yani Ahmad Marzuki membenarkan penambahan pasien positif Corona di Pangandaran. Kini total pasien positif Corona di Pangandaran menjadi 20 orang.

“Betul, bertambah tiga orang, totalnya menjadi 20 orang pasien positif. Semuanya tanpa gejala, yang dua sudah pulang dan isolasi mandiri, karena hasil swab dari keduanya negatif,” terang Yani.

Ketiga orang Petugas Bawaslu yang positif Covid-19 telah dilakukan penelusuran kontak dan penyelidikan epidemiologi (PE).

Dari hasil PE tersebut, ketiga kasus positif Covid-19 yang menimpa petugas Bawaslu Pangandaran tidak menjadi klaster penularan baru. Lantaran orang-orang terdekat yang pernah kontak dengan ketiga pasien tersebut dinyatakan negatif Corona.

Ketiga Petugas Bawaslu Pangandaran Positif Corona Setelah Ikuti Tes Swab Massal

Ketiga petugas tersebut terdeteksi setelah 230 orang pengawas Bawaslu Kabupaten Pangandaran mengikuti tes swab pada Jum’at (26/6/2020) silam, bertempat di Kantor Bawaslu Pangandaran.

“Untuk yang dua orang, hasil swab keduanya sudah negatif, Alhamdulillah. Keduanya sudah bisa diisolasi mandiri di rumahnya,” ujar Iwan Yudiawan, Ketua Bawaslu Pangandaran, Kamis (9/7/2020).

Sedangkan satu orang petugas Bawaslu lainnya masih menjalani isolasi di RSUD Pandega Pangandaran. Hasil tes swab petugas Bawaslu tersebut baru diketahui Rabu (8/7/2020), dan hasilnya positif Corona.

Ketiga petugas Bawaslu Pangandaran positif Corona tersebut tidak serta merta diberhentikan dari tugasnya.

“Mereka dirawat sesuai prosedur penanganan Covid-19. Tidak diberhentikan, kalau sudah sembuh bisa bekerja kembali,” tegasnya.

Iwan mengatakan, petugas Bawaslu Pangandaran yang dites swab adalah para pengawas tingkat kecamatan, termasuk mereka yang bertugas di sekretariat.

“Ini langkah awal sebagai persiapan sebelum tahapan Pilkada 2020 kami jalani,” kata Iwan.

Iwan mengakui Pilkada Pangandaran yang digelar di tengah pandemi Covid-19 membawa beban tersendiri bagi Bawaslu. Lantaran Petugas Bawaslu memiliki tugas tambahan, selain mengawasi jalannya Pilkada, mereka juga harus mengawasi penerapan protokol kesehatan pada setiap tahapan Pilkada.

“Situasi pandemi Corona saat ini, kami dituntut mengawasi protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19. Kami telah diberi wewenang untuk mengawasi hal tersebut,” jelasnya.

Iwan menambahkan, kewenangan yang diberikan kepada Bawaslu terkait pengawasan protokol kesehatan sifatnya terbatas, hanya memberi saran dan perbaikan. (R7/HR-Online)

The post 3 Petugas Bawaslu Pangandaran Positif Corona Usai Tes Swab Massal appeared first on Harapan Rakyat Online.



source https://www.harapanrakyat.com/2020/07/3-petugas-bawaslu-pangandaran-positif-corona/
Langganan Software

© 2020 MENUU.ID | Jasa Iklan Google Adwords - Google Ads Service